Lima Siswa SMA Kabupaten Tegal Ini Tidak Lulus, Disebutkan Karena Belum Memenuhi Kriteria

Lima siswa SMA di Kabupaten Tegal dinyatakan tidak lulus berdasarkan hasil pengumuman ujian kelulusan, Senin (13/5/2019) lalu.

Lima Siswa SMA Kabupaten Tegal Ini Tidak Lulus, Disebutkan Karena Belum Memenuhi Kriteria
Tribunjateng.com/Akhtur Gumilang
Tim Pemantau UNBK di SMA Negeri 1 Slawi melakukan koordinasi, Senin (1/4/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Lima siswa SMA di Kabupaten Tegal dinyatakan tidak lulus berdasarkan hasil pengumuman ujian kelulusan, Senin (13/5/2019) lalu.

Mereka tidak lulus lantaran sudah terdaftar sebagai sebagai peserta ujian nasional, namun yang bersangkutan keluar dari sekolah.

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Kabupaten Tegal, Mimik Supriyatin menuturkan, peserta Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Kabupaten Tegal tahun ini ada 3.672 siswa.

"Yang dinyatakan lulus ada 3.667 siswa. Mereka yang tidak lulus keluar sebelum pelaksanaan UNBK," tutur Mimik saat ditemui Tribunjateng.com, Kamis (16/5/2019).

Lima siswa yang tidak lulus berasal dari SMA Negeri 1 Balapulang, SMA Negeri 1 Bojong, SMA Muhammadiyah Suradadi, dan SMA Penawaja Adiwerna.

"Dari empat sekolah. Dua di antaranya dari SMA Muhammadiyah Suradadi," sambung Kepala SMA Negeri 1 Slawi itu.

Dia menyatakan, kriteria pencapaian kompetensi lulusan SMA tahun ini berdasarkan hasil USBN.

Menurut Mimik, kriteria kelulusan dari satuan pendidikan minimal mempertimbangkan tiga aspek, yakni menyelesaikan seluruh program pembelajaran, memperoleh nilai sikap, dan mengikuti ujian nasional.

"Atau lulus USBN sesuai kriteria yang telah ditentukan oleh satuan pendidikan," jelasnya.

Mimik menegaskan, kelulusan siswa oleh satuan pendidikan ditetapkan melalui rapat dewan guru dengan mempertimbangkan tiga aspek tersebut. (Akhtur Gumilang)

Penulis: Akhtur Gumilang
Editor: deni setiawan
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved