Skenario Lalu Lintas Disiapkan Dinhub Kota Pekalongan, Antisipasi Padatnya Truk di Jalur Pantura

Dinhub Kota Pekalongan menyiapkan skenario lalu lintas untuk mengantisipasi lonjakan jumlah kendaraan berat jelang maupun saat arus mudik Lebaran.

Skenario Lalu Lintas Disiapkan Dinhub Kota Pekalongan, Antisipasi Padatnya Truk di Jalur Pantura
TRIBUN JATENG/BUDI SUSANTO
Kondisi lalu lintas di Jalur Pantura Kota Pekalongan, Kamis (16/5/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, PEKALONGAN - Dinas Perhubungan (Dinhub) Kota Pekalongan menyiapkan skenario lalu lintas untuk mengantisipasi lonjakan jumlah kendaraan berat jelang maupun saat arus mudik Lebaran tahun ini.

Hngga H-20 Lebaran, edaran pelarangan kendaraan berat melintas di Jalur Pantura dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI tak kunjung keluar.

Dikhawatirkan saat arus mudik nanti, kendaraan berat seperti truk menambah sumpek Jalan Pantura Kota Pekalongan.

Plt Kabid Angkutan dan Pengujian Kendaraan Dinhub Kota Pekalongan, Didik Supriyadi menjelaskan, adanya wacana satu arah Jalan Tol Trans Jawa dari Jakarta ke Brebes diyakini bakal membuat Pantura dipadati kendaraan.

"Ditambah lagi belum keluarnya edaran pelarangan kendaraan barang melintas Jalan Pantura. Kemungkinan akan membuat Pantura padat, karena kendaraan pemudik akan bercampur dengan truk," jelasnya kepada Tribunjateng.com, Kamis (16/5/2019).

Untuk itu dilanjutkannya, Dinhub berkoordinasi bersama Satlantas Polres Pekalongon Kota guna menyiapkan skenario lalu lintas.

"Kami sudah melakukan koordinasi bersama Satlantas Polres Pekalongon Kota, untuk mengantisipasi kemacetan karena kendaraan berat diperbolehkan melintas saat Lebaran. Kemungkinan nanti jika Pantura Kota Pekalongan padat, kendaraan barang akan diberhentikan sejenak di pinggir jalan dan akan diizinkan melanjutkan perjalanan setelah arus kembali lancar," ujar Didik.

Sementara itu, Kabid Lalulintas Dinhub Kota Pekalongan, Restu Hidayat menuturkan, skenario lain akan diambil kala Jalan Pantura benar-benar krodit.

"Satlantas Polres Pekalongan Kota akan membantu kami untuk mengarahkan kendaraan berat menuju Jalan Tol Trans Jawa melalui Gerbang Tol Gandulan Kabupaten Pemalang," paparnya. (Budi Susanto)

Penulis: budi susanto
Editor: deni setiawan
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved