Tahun Ini PMI Karanganyar Dirikan Posko Mandiri, Mulai 10 Hari Jelang dan Sesudah Lebaran

Setidaknya ada 52 personel diterjunkan untuk membackup posko mandiri dan posko bersama di beberapa wilayah bersama Polres, Dishub hingga SAR.

Tahun Ini PMI Karanganyar Dirikan Posko Mandiri, Mulai 10 Hari Jelang dan Sesudah Lebaran
TRIBUN JATENG/AGUS ISWADI
Kantor PMI Kabupaten Karanganyar. 

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Dalam upaya pertolongan pertama momen arus mudik dan balik Lebaran 1440 Hijriah, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Karanganyar akan mendirikan posko mandiri di sekitaran markasnya.

Setidaknya ada 52 personel diterjunkan untuk membackup posko mandiri dan posko bersama di beberapa wilayah bersama Polres, Dishub, SAR dan pihak terkait lainnya.

Ketua PMI Kabupaten Karanganyar, Timotius Suryadi mengatakan, terkait posko Lebaran pihaknya telah mempersiapkan beberapa personel, kelengkapan, dan persiapan.

Selain membackup 11 posko bersama dari Polres Karanganyar, PMI Karanganyar juga menyediakan posko mandiri bertempat di halaman Kantor PMI Karanganyar.

"Posko mandiri disiapkan mulai H-10 hingga H+10 Lebaran. Sedangkan untuk posko bersama menyesuaikan Polres Karanganyar," katanya saat dihubungi Tribunjateng.com, Jumat (17/5/2019).

Selain melibatkan para relawan, PMI Kabupaten Karanganyar juga akan melibatkan Palang Merah Remaja (PMR) dari beberapa pelajar SMA/SMK di Karanganyar.

"Mereka hanya bersifat partisipatif, terkait jadwal tidak memaksa. Itu sebagai wujud pembelajaran bagi mereka," jelasnya.

Sementara itu, Koordinator Posko PMI Kabupaten Karanganyar, Riki Pamungkas menyampaikan, tenaga yang dilibatkan dalam pra hingga pasca Lebaran itu yakni Tenaga Sukarela (TSR) dan Korps Sukarela (KSR).

Adapun selama arus mudik, ada dua armada ambulans PMI Karanganyar yang disiagakan.

"Satu armada kami siagakan di pos induk. Sedangkan 1 unit lainnya untuk mobile atau berkeliling sesuai penempatan," jelasnya.

Halaman
12
Penulis: Agus Iswadi
Editor: deni setiawan
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved