KSOP Prediksi Pemudik Tiba di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang Meningkat 17 Persen

Untuk arus mudik dan balik tahun lalu sebanyak 75.328 pemudik menggunakan jasa angkutan laut. Dan tahun ini kami prediksi ada kenaikan signifikan.

KSOP Prediksi Pemudik Tiba di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang Meningkat 17 Persen
TRIBUNJATENG/DOK
FOTO DOKUMEN Mudik gratis. Para pemudik motor gratis tiba dari Jakarta di Semarang Tanjung Emas. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Kantor Kesyahbandaran dan Otorisasi Pelabuhan (KSOP) Tanjung Emas memprediksi tahun ini jumlah pemudik menggunakan jasa trasportasi laut (kapal) meningkat antara 15 hingga 17 persen dibandingkan tahun lalu.

Banyak faktor yang menyebabkan kenaikan signifikan tersebut, satunya adalah imbas dari masih melambungnya harga tiket pesawat untuk angkutan mudik kali ini.

Kepala KSOP Tanjungmas Semarang, Ahmad Wahid mengatakan, selain faktor harga tiket pesawat, juga dikarenakan beberapa faktor lain.

Seperti bertepatan libur panjang anak sekolah.

"Untuk arus mudik dan balik tahun lalu sebanyak 75.328 pemudik menggunakan jasa angkutan laut. Dan tahun ini kami prediksi ada kenaikan signifikan," ujar Wahid, Minggu (19/5/2019).

Untuk mengantisipasi kenaikan tersebut, sambung Wahid, pihak Pelabuhan Tanjung Mas menyiapkan 14 buah kapal untuk angkutan Lebaran tahun ini.

Selain itu dirinya juga menjelaskan para pemudik dapat memanfaatkan mudik gratis seperti yang disediakan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI.

Tahun ini pihak Kemenhub RI menyediakan 12 ribu kuota penumpang dan 6 ribu sepeda motor untuk arus mudik dan balik gratis trayek Jakarta- Semarang, Semarang - Jakarta.

"Untuk info yang kami terima, sekitar 90 persen kuota sudah terisi. Untuk sisa yang kosong kami sampai sekarang masih menunggu data dari pusat. Yang jelas untuk rute mudik dari Pelabuhan Tanjung Priok menuju Pelabuhan Tanjung Mas, begitu pula sebaliknya," lanjutnya.

Dirinya menambahkan, Kapal Roro berfrekuensi 3 kali keberangkatan dan 3 kali kedatangan disiapkan untuk melayani mudik dan balik gratis tersebut.

Kapal tersebut akan mulai beroperasi mulai 30 Mei 2019 satu kali jalan dapat mengangkut 1 ribu motor dan 2 ribu penumpang.

"Sesuai data yang kami lihat dan terima dari Kemenhub RI rencananya mudik gratis dari Jakarta tujuan Semarang akan dilakukan pada 30 Mei, 1, dan 4 Juni 2019. Untuk arus balik dari Semarang ke Jakarta akan dilaksanakan 8,10, dan 12 Juni 2019," pungkasnya. (Saiful Ma'sum)

Penulis: Saiful Ma'sum
Editor: deni setiawan
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved