Bagaimana Hukumnya Makmum Salat Isya di Jamaah Salat Tarawih

bagaimana cara bermakmum saat jemaah datang ke masjid sedang berlangsung salat Tarawih

Bagaimana Hukumnya Makmum Salat Isya di Jamaah Salat Tarawih
Warga mengikuti shalat tarawih di MAJT, Jalan Gajah Raya, Kota Semarang, Rabu (17/6/2015). 

Assalamu 'alaikum wr wb. Pak Ustaz, saya mau bertanya, bagaimana cara bermakmum saat jemaah datang ke masjid sedang berlangsung salat Tarawih, sedangkan saya belum melaksanakan salat Isya?

JAWABAN:

Penanya yang budiman, semoga Allah SWT senantiasa menurunkan rahmat-Nya untuk kita semua. Terkait apa yang saudara tanyakan, Syekh Abu Ishaq As-Syairazi berkata, seseorang yang datang terlambat boleh melakukan salat Isya dengan cara mengikuti salat berjamaah Tarawih dengan niat salat Isya.

Orang yang salat wajib dengan cara mengikuti salat Tarawih berjamaah sama halnya dengan makmum masbuq yang tertinggal beberapa rakaat dalam salat berjamaah. Oleh karenanya, ia harus menyempurnakan kekurangan salatnya setelah imam mengucapkan salam.

Selagi jenis dan susunan salatnya sama, seseorang boleh mengikuti salat berjamaah yang beda rakaat. Yang tidak boleh adalah mengikuti salat berjamaah yang berbeda jenis seperti salat wajib lima waktu dan salat sunah gerhana, salat wajib lima waktu, dan salat jenazah.

Kebolehan mengikuti salat Tarawih berjamaah ini didasarkan pada hadits riwayat Bukhari dan Muslim yang menceritakan praktik salat sahabat Muadz.

Demikian jawaban yang bisa kami sampaikan. Semoga bermanfaat. Wallaahu a'lamu bis showaab.

KH Ahmad Baidlowi Misbah
Pengasuh Pesantren PP Al Hidayat Krasak Temuroso Guntur Demak

Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved