Ketua Komisi D DPRD Demak; Sistem Zonasi Untuk Hilangkan Label Sekolah Favorit

Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) SMP Negeri di Demak dimulai sejak tanggal 20 Mei hingga 24 Mei 2019.

TRIBUNJATENG.COM, DEMAK - Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) SMP Negeri di Demak dimulai sejak tanggal 20 Mei hingga 24 Mei 2019.

Untuk tahun ini, kementrian pendidikan menggunakan seleksi PPDB lewat sistem zonasi 90 persen, sistem jalur prestasi 5 persen dan jalur perpindahan orang tua 5 persen.

Ketua komisi D Demak, Syafi'i Afandi mengatakan program zonasi bertujuan untuk meratakan sistem pendidikan di Indonesia karena orang- orang pintar jika difokuskan dalam suatu sekolah tidak bagus, namun jika orang pintar merata di hampir semua sekolah akan menjadi bagus.

"Dengan sistem zonasi tidak ada label sekolah favorit, karena semua sekolah nantinya akan sama dalam hal sarana prasarana, guru, dan kurikulum,"ucapnya ditemui di gedung DPRD Demak, Senin (20/5/2019).

Dia menambahkan, jika PPDB menerapkan sistem zonasi, seharusnya untuk guru menerapkan sistem rotasi agar guru yang pintar tidak terpusat di wilayah Demak kota saja, namun juga terdistribusi di desa- desa Demak.

"Selama ini guru - guru pintar rata- rata berada kota, seharusnya guru - guru juga dimobilisasi di desa agar kualitas pendidikan merata,"sambung dia. (agi)

Penulis: Alaqsha Gilang Imantara
Editor: muh radlis
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved