Pemberian THR Paling Lambat 27 Mei, Jika Tidak Pemkot Pekalongan Beri Sanksi Ini

Mengacu pada Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) RI Nomor 6 Tahun 2016, perusahaan wajib memberikan THR H-6 hingga H-7 Lebaran.

Pemberian THR Paling Lambat 27 Mei, Jika Tidak Pemkot Pekalongan Beri Sanksi Ini
ISTIMEWA
Kepala Bidang Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Dinperinaker Kota Pekalongan, Priyetni. 

TRIBUNJATENG.COM, PEKALONGAN - Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dinperinaker) Kota Pekalongan, akan berikan sanksi kepada perusahaan yang tidak memberikan Tunjangan Hari Raya (THR) sesuai waktu yang ditentukan.

Pasalnya, mengacu pada Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) RI Nomor 6 Tahun 2016, perusahaan wajib memberikan THR H-6 hingga H-7 Lebaran.

Kabid Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Dinperinaker Kota Pekalongan, Priyetni menegaskan, perusahaan yang tidak memberikan THR sampai Lebaran akan dikenakan sanksi administrasi.

"Sanksi tersebut nantinya akan ditangani langsung di Bidang Pengawasan Satwasker Provinsi Jawa Tengah Wilayah Kota Pekalongan," jelasnya, Senin (20/5/2019).

Priyetni menuturkan, pemberian THR untuk pekerja yang sudah bekerja satu tahun lamanya menjadi kewajiban pihak perusahaan.

“Untuk besaran THR karyawan yang sudah bekerja setahun, menurut aturan mencapai satu kali gaji. Namun jika di bawah 12 bulan sesuai dengan proporsional. Hal itu berlaku bagi karyawan yang baru bekerja satu bulan, mereka juga berhak menerima THR,” paparnya.

Ia menambahkan, Pemkot Pekalongan akan membuka posko pengaduan THR yang mulai beroperasi pada 30 Mei hingga 9 Juni 2019 mendatang.

"Karyawan atau buruh perusahaan yang mempunyai permasalahan mengenai pembayaran THR dapat memanfaatkan layanan pengaduan yang kami buka. Kami mengimbau agar perusahaan segera melaksanakan pemberian THR paling lambat 27 Mei 2019," tambahnya. (Budi Susanto)

Penulis: budi susanto
Editor: deni setiawan
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved