Rahasia Kecantikan dan Rambut Sehat Nadine Chandrawinata, Pakai Minyak Kelapa

Merawat rambut dan kulit saat beraktivitas, ternyata artis peran Nadine Chandrawinata menerapkan cara "tradisional"

Rahasia Kecantikan dan Rambut Sehat Nadine Chandrawinata, Pakai Minyak Kelapa
ISTIMEWA
Hippie Nadine Chandrawinata 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA -- Merawat rambut dan kulit saat beraktivitas, ternyata artis peran Nadine Chandrawinata menerapkan cara "tradisional" yang menurutnya sudah terbukti ampuh.

Iya, sebagai pecinta alam yang sering berkegiatan di luar ruangan, Nadine tidak melakukan perawawan khusus dengan dokter kulit.

Dia lebih memilih menggunakan minyak kelapa yang alami. "Enggak tahu aku udah ngerasain efeknya ya, ketika aku pakai itu (minyak kelapa) aku enggak pernah kebakar.

Enggak pernah ada masalah dengan rambut. Jadi aku pakai itu coconut oil," kata Nadine kakak dari Marcel dan Mischa Candrawinata itu, 17 Mei kemarin.

Ternyata apa yang dilakukan Nadine itu tidak salah, manfaat minyak kelapa bagi kesehatan dan kecantikan memang sudah lama diketahui para ahli kesehatan. Salah satu manfaatnya adalah untuk menyehatkan rambut dan kulit kepala.

Peneliti bidang kosmetik Joshua Zeichner, menjelaskan, asam lemak yang terkandung dalam minyak kelapa termasuk asam linoleat (yang bersahabat untuk kulit gampang berjerawat) dan lebih dari 50% asam lauric (melembabkan dan antimikroba).

Nadine (35) mantan Puteri Indonesia 2005 yang mewakili DKI Jakarta itu konsisten menggunakan minyak kelapa alami. Selain tanpa efek samping, kegunaannya dari sisi kesehatan sudah teruji. Yaitu menyehatkan rambut dan kulit kepala.

Zeichner sang peneliti mengungkapkan, bahwa hasil penelitian membuktikan minyak kelapa mampu memperbaiki fungsi pelindung kulit, memiliki manfaat anti-inflamasi dan anti-mikroba

Minyak kelapa ideal sebagai kondisioner karena kandungan proteinnya yang tinggi. Kemampuannya untuk melembabkan bisa menurunkan risiko kerusakan rambut seperti rambut yang pecah-pecah atau bercabang.
Minyak kelapa juga mengandung trigliserida, molekul lemak yang sifatnya mirip minyak alami yang dikeluarkan oleh kulit untuk menembus batang rambut dan melindunginya dari kerusakan.

Manfaatnya untuk pertumbuhan rambut bervariasi, dari sekadar meredakan kerontokan dan kerusakan, hingga benar-benar memicu rambut untuk tumbuh kembali pada bagian kulit kepala di mana folikel rambut menghentikan fungsi alaminya.

Minyak kelapa dinilai 40% lebih baik dari emetrin kimia untuk mencegah kutu di rambut. Tekstur minyak kelapa yang licin akan menghambat gerak kutu rambut. Kondisi tersebut akan mempersulit kutu rambut berkembang biak.

Kaya akan vitamin E, K, protein, asam laurat dan asam kaprat, minyak kelapa dapat mengurangi penumpukan kulit mati, mengobati serta mencegah ketombe secara efektif. Selain itu, kandungan anti-oksidannya juga dapat memperkuat rambut sehingga rambut tidak mudah patah dan rontok. (kompas)

Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved