Sekda Kabupaten Semarang Ingin Proses PPDB SMP Secara Online Lebih Transparan

Sekda Kabupaten Semarang, Gunawan Wibisono menanggapi adanya keluhan terkait Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online SMP.

Sekda Kabupaten Semarang Ingin Proses PPDB SMP Secara Online Lebih Transparan
TRIBUNJATENG/net
Jadwal PPDB Online di Jateng 

TRIBUNJATENG.COM, UNGARAN - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Semarang, Gunawan Wibisono menanggapi adanya keluhan terkait Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Menurutnya, kebijakan tersebut proses pendaftaran calon siswa di Kabupaten Semarang lebih transparan, lebih mudah, dan lebih cepat.

Hal tersebut sesuai dengan tuntutan era akan kebutuhan teknologi informasi sehingga menyesuaikan dengan kebutuhan tersebut.

"Kemudian, diambil juga kebijakan zonasi berdasarkan kedekatan tempat tinggal siswa dengan siswa," ungkapnya saat ditemui pada Senin (20/5/2019) siang di Sekretariat Daerah Kabupaten Semarang.

Ini Syarat Pendaftaran PPDB SMP Negeri di Kabupaten Demak

Gunawan menambahkan, kebijakan zonasi menghilangkan citra sekolah favorit dan sekolah tidak favorit.

Menurutnya, kebijakan itu untuk mengakomodasi semua siswa usia sekolah harus sekolah dan pendaftaran sekolah dipermudah dengan PPDB.

Juga menghitung kedekatan jarak antara rumah siswa dengan skeolah.

Diharapkan semua anak usia sekolah ditampung di sekolah dan kualitas bisa meningkat semua dan merata, tidak ada sekolah favorit.

"Harapan ke depan termasuk sekolah swasta agar tidak ada lagi dikotomi sekolah negeri dan swasta. Semua sama rata dan memang dengan akreditasi harus meningkatkan memacu kualitas pendidikan di sekolah masing-masing," terang Gunawan.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikbudpora) Kabupaten Semarang, Sukaton Purtomo menyatakan pihaknya tidak menangani sekolah swasta.

PPDB online untuk SD dan SMP sudah ditunaikan namun saat ini belum ada rekapan jumlah peserta didik yang mendaftar PPDB online SMP.

"Belum ada rekapannya dan jumlah siswa yang mendaftar PPDB online SMP," imbuhnya.

Sukaton menambahkan, PPDB online 2019/2010 hanya untuk sekolah negeri.

Rencananya PPDB online akan diberlakukan untuk sekolah swasta pada tahun ajaran 2020/2021.

PPDB online tidak berlaku untuk Madrasah Ibtidaiyah (MI) maupun Madrasah Tsanawiyah (MTs) karena berada di bawah naungan Kementerian Agama atau Departemen Agama. (arh)

Penulis: amanda rizqyana
Editor: suharno
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved