KPU Umumkan Jokowi-Maruf Menang, Indeks Harga Saham Gabungan Melonjak Naik

Pasar modal sepertinya menyambut baik pengumuman Komisi Pemilihan Umum (KPU) terkait hasil Pilpres April lalu.

KPU Umumkan Jokowi-Maruf Menang, Indeks Harga Saham Gabungan Melonjak Naik
Kontan/Cheppy A Muchlis
ILUSTRASI. Bursa Efek Indonesia 

TRIBUNJATENG.COM - Pasar modal sepertinya menyambut baik pengumuman Komisi Pemilihan Umum (KPU) terkait hasil Pilpres April lalu.

Terbukti Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mulai bangkit hari ini dengan ditutup menguat 0,75% di level 5.951,37, setelah pekan lalu berkinerja jeblok.

Kekhawatiran pasar terhadap sentimen internal, sontak berkurang.

Sebab, KPU hari ini melaporkan pasangan capres dan cawapres, Jokowi-Ma'ruf unggul atas Prabowo-Sandiaga dalam Pilpres 2019 dengan perolehan suara 55,50% dari total suara sah sebanyak 154.257.601 suara.

KPU Telah Umumkan Hasil Pemilu 2019, Gubernur Ganjar: Tidak Perlu Lagi Ada Aksi 22 Mei

Jika Prabowo Tolak Hasil Pilpres, Mahfud MD: Tak Mau Tanda Tangan, Ya Sudah Selesai Pemilu

Direktur Panin Asset Management Rudiyanto menilai ketidakpastian politik yang berkurang paska pengumuman akan menjadi sentimen positif bagi pasar modal.

Tapi ia menegaskan efek politik terhadap IHSG biasanya tidak lama.

Sejalan, Direktur Bahana TCW Investment Management Soni Wibowo menilai, Jokowi effect hanya bersifat sesaat, dan sudah berlangsung sejak kemarin.

Kata Rudiyanto, dalam jangka menengah dan panjang akan kembali ke fundamental seperti kemampuan perusahaan menghasilkan laba bersih dan likuiditas dana asing yang keluar masuk ke Indonesia.

“Laba bersih emiten tumbuh dari tahun ke tahun terutama untuk emiten besar,” kata Rudiyanto kepada Kontan.co.id, Selasa (21/5/2019).

Rudiyanto mengamati bahwa aspek suku bunga yang berpotensi turun di tahun ini akan lebih berkontribusi terhadap kenaikan harga saham.

Halaman
123
Editor: suharno
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved