Pria Juga Punya Jam Biologis, Ini Waktu Terbaik Pria Untuk Memiliki Anak

Sebuah studi dari Rutger University menemukan bahwa pria juga memiliki "jam biologis" seperti wanita.

Editor: suharno
SHUTTERSTOCK
Ilustrasi 

TRIBUNJATENG.COM - Sebuah studi dari Rutger University menemukan bahwa pria juga memiliki "jam biologis" seperti wanita.

Jam biologis yang dimaksud ini adalah rentang waktu reproduksi terbaik bagi seseorang.

Sama seperti daya tahan tubuh, sperma pun cenderung akan kehilangan kebugaran selama siklus hidup pria.

Namun selama ini, kesuburan lebih diidentikan dengan wanita, tanpa menyebutkan pengaruh pria dalam hal tersebut.

Menurut para peneliti bisa jadi hal tersebut karena peran wanita yang lebih nyata dalam reproduksi, mulai dari kehamilan hingga persalinan, sementara pria tidak memiliki keterlibatan setelah kontribusi sperma mereka.

Apakah Ukuran Penis Memengaruhi Kesuburan Pria? Begini Penjelasannya

"Perubahan fisiologis yang terjadi pada wanita setelah usia 35 tahun dapat mempengaruhi kehamilan dan kesehatan anak. Dan kebanyakan pria tidak menyadari usia lanjut mereka juga punya dampak yang sama," kata Gloria Bachmann, peneliti di Rutgers Robert Wood Johnson Medical School.

Selain itu, studi juga menyebut jika usia pria yang baru ingin mempunyai ketika mencapai 40-an dapat berdampak negatif terhadap kesehatan pasangan dan keturunan mereka.

Hal ini karena ayah yang lebih tua menempatkan wanita hamil pada risiko yang lebih tinggi untuk mengalami pre-eklampsia, diabetes gestasional, dan bahkan kelahiran prematur.

Begitu juga saat bayi lahir.

Anak yang lahir dari ayah yang lebih tua menghadapi peningkatan risiko kejang bayi, berat badan rendah, dan mungkin masuk ke unit perawatan intensif neonatal.

Kementerian Perhubungan Bakal Batasi Nominal dan Masa Berlaku Promo Voucher Ojek Online

Para peneliti berpendapat kalau konsekuensi tersebut merupakan akibat dari degradasi sperma serta kualitas semen.

Namun hipoetsis ini tentunya memerlukan penelitian lebih lanjut.

Meski begitu adanya penelitian yang sudah diterbitkan di jurnal Maturitas ini memberikan pehamanan mengenai kesuburan pada pria serta apa saja yang bisa mereka lakukan.

"Pria juga perlu mengenali jam biologis mereka yang terus berjalan. Bank sperma mungkin bisa menjadi bagian yang bisa dipertimbangkan sebagai solusi di masa depan," tambah Bachmann seperti dikutip dari Science Alert, Sabtu (18/5/2019).

Peneliti pun memberikan sarannya jika berencana menunda peran sebagai ayah.

Setidaknya, para pria harus mempertimbangkan untuk menyimpan sperma mereka sebelum usia 35 tahun atau paling tidak 45 tahun untuk menurunkan risiko pada ibu dan anak.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Punya Jam Biologis Reproduksi, Ini Waktu Terbaik Pria untuk Punya Anak"

Sumber: Kompas.com
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved