Volume Sampah TPA Ngronggo Salatiga Menurun Selama Ramadan, Biasanya Tiap Hari Capai 4 Ton

Volume sampah plastik maupun rumahan di TPA Ngronggo, Kelurahan Kumpulrejo, Kecamatan Argomulyo, Kota Salatiga selama Ramadan mengalami penurunan.

Volume Sampah TPA Ngronggo Salatiga Menurun Selama Ramadan, Biasanya Tiap Hari Capai 4 Ton
TRIBUN JATENG/M NAFIUL HARIS
Kasi Pengelolaan Kebersihan DLH Kota Salatiga Yuli Prasetyo 

TRIBUNJATENG.COM, SALATIGA - Volume sampah plastik maupun rumahan di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Ngronggo, Kelurahan Kumpulrejo, Kecamatan Argomulyo, Kota Salatiga selama Ramadan mengalami penurunan.

Kasi Pengelolaan Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Salatiga Yuli Prasetyo mengatakan, selama Ramadan sampah yang masuk ke TPA berkurang dibanding hari biasanya.

"Pada hari biasa sebelum Ramadan sampah yang terkumpul sekira 3-4 ton per hari. Itu meliputi sampah plastik, kertas, dan bahan sisa makanan atau sayuran rumahan," terangnya kepada Tribunjateng.com, di TPA Ngronggo Salatiga, Selasa (21/5/2019).

Menurut Yuli, berkurangnya sampah yang masuk ke TPA selama Ramadan diduga karena sudah adanya Tempat Pengolahan Sampah (TPS) pada masing-masing kecamatan.

Kemudian, berbagai kegiatan masyarakat juga tidak terlalu ramai seperti hari biasanya.

Ia menambahkan, peningkatan volume sampah bakal terjadi pada saat mendekati Lebaran.

Selama Ramadan kata dia, sampah paling banyak adalah plastik kemasan makanan atau minuman untuk takjil.

"Peningkatan kami perkiraan saat masa libur Lebaran nanti mencapai 1-2 persen. Kami fokus penanganan 70 persen sisanya pengurangan lewat pengolahan kerajinan dari sampah plastik," katanya.

Yuli menegaskan, TPA Ngronggo Salatiga mampu menampung sampah maksimal hingga 80 ton perhari dengan luas 5,5 hektare. Tersedia juga 15 TPS tersebar pada empat kecamatan di Salatiga. (M Nafiul Haris)

Penulis: M Nafiul Haris
Editor: deni setiawan
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved