Dinkes Kota Pekalongan: Penegakkan Perda Kawasan Tanpa Rokok Butuh Peran Aktif Masyarakat

Wujudkan kawasan bebas asap rokok, Pemkot Pekalongan akan tegakkan Peraturan Daerah (Perda) Kawasan Tanpa Rokok (KTR) Nomor 19 Tahun 2012.

Dinkes Kota Pekalongan: Penegakkan Perda Kawasan Tanpa Rokok Butuh Peran Aktif Masyarakat
TRIBUN JATENG/BUDI SUSANTO
Jajaran Pemkot Pekalongan gelar rapat koordinasi tentang penerapan Perda Kawasan Tanpa Rokok (KTR), di Ruang Amarta Setda Kota Pekalongan, Rabu (22/5/2019). 

TRIBUJATENG.COM, PEKALONGAN - Wujudkan kawasan bebas asap rokok, Pemkot Pekalongan akan tegakkan Peraturan Daerah (Perda) Kawasan Tanpa Rokok (KTR) Nomor 19 Tahun 2012.

Hal tersebut diterapkan Pemkot Pekalongan untuk menekan konsumsi rokok dan memberi kenyamanan terhadap masyarakat yang tidak merokok.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pekalongan, Slamet Budiyanto menuturkan, Perda tersebut akan efektif jika masyarakat ikut beperan dalam hal pengawasan.

“Dalam Perda, masyarakat berhak mengingatkan perokok untuk tidak merokok di Kawasan Tanpa Rokok (KTR) dan melaporkan kepada pihak berwenang apabila terjadi pelanggaran,” jelasnya, dalam workshop Implementasi KTR di Ruang Amarta Setda Kota Pekalongan, Rabu (22/5/2019).

Dijelaskannya, terdapat 7 kawasan tanpa asap rokok di Kota Pekalongan, selain kawasan bebas asap rokok juga akan dibentuk tim penegakan Perda.

"Penerapan akan diberlakukan di fasilitas kesehatan, tempat proses belajar mengajar, tempat bermain anak, tempat ibadah, angkutan umum, tempat bekerja, serta tempat umum. Kami juga akan mengajukan ke Wali Kota Pekalongan untuk membentuk tim pengawasan KTR," paparnya.

Sementara itu, Wali Kota Pekalongan Saelany Machfudz mendukung tindakan yang dilakukan Dinkes.

"Maka dari itu, sponsor rokok untuk acara tidak begitu masif di Kota Pekalongan. Hal tersebut merupakan bentuk komitmen pemerintah. Walaupun ada beberapa acara yang disponsori oleh perusahaan rokok, namun tidak serta merta kami menyarankan masyarakat merokok bebas," tambahnya. (Budi Susanto)

Penulis: budi susanto
Editor: deni setiawan
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved