Mudik Gunakan Mobil, Jangan Lupakan Bagian Kelistrikan, Begini Cara Mudah Mengeceknya

Bukan sekadar kondisi mesin, kelistrikan mobil juga harus diperhatikan agar perjalanan mudik menjadi lebih aman dan nyaman.

Mudik Gunakan Mobil, Jangan Lupakan Bagian Kelistrikan, Begini Cara Mudah Mengeceknya
Dok
Rest Area Penarukan KM 275, Kabupaten Tegal saat musim mudik beberapa waktu lalu 

TRIBUNJATENG.COM - Ketika seseorang hendak melakukan perjalanan mudik, secara umum atau cukup identik dengan jarak tempuh yang jauh dan kondisi arus lalu lintas padat.

Menempuh perjalanan jauh ditambah arus lalu lintas yang padat memerlukan kondisi mobil yang prima.

Bukan sekadar kondisi mesin, kelistrikan mobil juga harus diperhatikan agar perjalanan mudik menjadi lebih aman dan nyaman.

Sebelum mudik, cobalah Anda periksa tegangan aki mobil.

Jangan sampai tegangan mobil kurang dari 12 volt atau lebih dari 14 volt.

"Tegangan aki yang normal kalau mesin dalam keadaan mati itu 12 koma sekian volt. Kalau mesin keadaan hidup 13 koma sekian," ucap Ruli dari Bengkel King Mobil, Tangerang.

Cara mengecek tegangan aki menggunakan voltmeter, hubungkan voltmeter kabel berwarna merah ke kepala aki berwarna merah, dan kabel hitam ke kepala aki berwarna hitam.

"Jika dalam perjalanan suplai listrik berkurang dan aki tidak melakukan pengisian, dapat dipastikan alternator sudah rusak," kata Ruli.

Alternator berfungsi sebagai pembangkit listrik yang digunakan untuk menyuplai kebutuhan listrik di kendaraan dan untuk pengisian daya di aki mobil.

"Roda pulley alternator juga penting, kalau tali puli alternator kendor, alternator menjadi terganggu," lanjut Ruli.

Jika kondisi aki dan alternator dalam kondisi baik, lakukan pengecekan kelistrikan di lampu-lampu, wiper, AC, power window. (*)

Artikel ini telah tayang sebelumnya di GridOto.com berjudul "Tips Mudik Lebaran, Jangan Sepelekan Sistem Kelistrikan Mobil"

Editor: deni setiawan
Sumber: Gridmotor.id
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved