Angklung Tiga Nada Produksi Desa Pagerandong Purbalingga Diajukan Lomba TTG Provinsi Jateng

Pemkab Purbalingga menunjuk dua desa untuk Lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) dan TTG unggulan tingkat provinsi.

Angklung Tiga Nada Produksi Desa Pagerandong Purbalingga Diajukan Lomba TTG Provinsi Jateng
IST
Angklung tiga nada dan alat pemintal benang dari desa Pagerandong dan desa Tumanggal Purbalingga diajukan lomba TTG provinsi Jateng (ist) 

TRIBUNJATENG.COM, PURBALINGGA - Pemkab Purbalingga menunjuk dua desa untuk Lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) dan TTG unggulan tingkat provinsi.

Kedua desa tersebut yakni Desa Pagerandong, Kecamatan Kaligondang dengan Angklung Tiga Nada, serta Desa Tumanggal, Kecamatan Pengadegan dengan Alat Pemintal Benang Antih.

Desa itu pun mendapat kesempatan untuk dinilai dari Analis Kelitbangan pada Bappeda Provinsi Jawa Tengah, Singgih Februhardi.

Menurut Singgih, TTG yang dibuat oleh masyarakat harus diimplementasikan dan berdampak bagi masyarakat.

Menurut dia, TTG di Purbalingga yang mendapatkan kesempatan untuk dinilai dari Provinsi sebenarnya masih dalam tahap persiapan.

TTG yang diikutkan pada Lomba TTG dan TTG Unggulan tingkat provinsi ini belum pada tahap implementasi ke masyarakat secara umum.

“Karena alatnya ini masih diproduksi dalam skala yang kecil, minimal sekali,” kata Singgih.

Untuk menilai Angklung Tiga Nada dari Desa Pagerandong Kecamatan Kaligondang, pihaknya akan membandingkan dengan angklung-angklung lainnya untuk mengetahui apakah angklung tidak ada duanya di tempat lain.

Sementara untuk alat pemintal benang antih Tumanggal, ia menilai skala produksinya masih amat minim.

Ia pun berharap, kedatangan tim penilai dke Desa Tumanggal untuk melihat alat pemintal benang, mampu memotivasi para pengrajin agar bisa memproduksi alat pemintal benang antih menggunakan energi listrik dari aki lebih banyak.

Halaman
12
Penulis: khoirul muzaki
Editor: muh radlis
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved