Edukasi Bahayanya TBC, Promkes Dinas Kesehatan Jateng Produksi Film Undang Tawa

Tim Promosi Kesehatan (Promkes) Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah membuat Serial Pakde untuk tingkatkan kesadaran kesehatan masyarakat.

Edukasi Bahayanya TBC, Promkes Dinas Kesehatan Jateng Produksi Film Undang Tawa
TRIBUN JATENG/IDAYATUL ROHMAH
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah dr Yulianto Prabowo M.Kes sebagai tokoh Pakde tampak mengenakan kaos hitam berlogo tokoh superhero, Superman, beradu akting dengan dua tokoh lainnya, Gendon dan Sondong di Anjungan Karanganyar, Puri Maerakaca, Semarang, Kamis (23/5/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Sebuah adegan menggambarkan seorang wanita marah-marah kepada suaminya karena ada wanita lain datang menemui suami wanita tersebut.

Rupanya salah paham, wanita yang diduga mantan pacar laki-laki tersebut ternyata merupakan kader kesehatan yang datang menawarkan solusi karena si laki-laki batuk tak kunjung sembuh.

Berkatalah tokoh Pakde, yang turut memberikan solusi.

Suasana lantas menjadi tawa akibat kesalahpahaman itu.

Begitulah salah satu babak yang tampak saat produksi film Media Edukasi Promosi Kesehatan (Promkes) Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah dalam Format Serial Pakde, yang berlangsung di Anjungan Karanganyar, Puri Maerakaca, Semarang, Kamis (23/5/2019).

Dinas Kesehatan Kota Semarang Siapkan 13 Unit Pos Pelayanan Kesehatan Saat Mudik 2019

Diperankan langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah dr. Yulianto Prabowo M.Kes sebagai tokoh Pakde beradu akting dengan Gendon, Sondong, Ceplis dan Lia.

Yulianto bercerita, Serial Pakde yang kini menapaki seri ketiga tersebut merupakan satu diantara rangkaian promosi kesehatan dan pemberdayaan masyarakat yang menjadi program Dinkes Jateng saat ini.

Kali ini, serial Pakde mengangkat tema terkait masalah penyakit TBC.

Disampaikan, dalam tema tersebut terselip pesan mulai dari etika batuk yang benar, penanganan, respon, hingga mitigasi dalam penyakit-penyakit menular.

Mulai dari identifikasi awal yakni mendeteksi seawal mungkin, melaporkan kepada petugas kesehatan, dan melakukan respon cepat tentang penanganan masalah kesehatan.

Halaman
12
Penulis: Idayatul Rohmah
Editor: suharno
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved