Pembatasan Akses Media Sosial, Pemerintah Dinilai Kurang Persiapan

Pemerintah Pusat melakukan pembatasan aktivitas sosial media secara tiba-tiba pada Rabu (21/5) lalu.

Pembatasan Akses Media Sosial, Pemerintah Dinilai Kurang Persiapan
Tribun Jateng/ Budi Susanto
Koneksi lambat - Aplikasi Facebook sulit dibuka saat diberlakukan pembatasan aktifitas media sosial oleh Pemerintah, Kamis (23/5/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Budi Susanto

TRIBUJATENG.COM, PEKALONGAN - Pemerintah Pusat melakukan pembatasan aktivitas sosial media secara tiba-tiba pada Rabu (21/5/2019) lalu.

Hal tersebut dilakukan untuk memfilter adanya peredaran foto dan video yang menambahkan panasnya situasi politik di Indonesia.

Walaupun memiliki tujuan baik, namun kebijakan tersebut dirasa kurang dalam hal persiapan.

Menanggapi pembatasan aktifitas media sosial itu. Solichul Huda, Pakar IT Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang, menganggap, Kominfo pusat seharusnya mempersiapkan diri jauh-jauh hari.

"Memanasnya situasi politik saat ini seharusnya sudah diprediksi jauh-jauh hari. Dan pemerintah bisa melakukan persiapan, atau sosialisasi terkait pembatasan aktifitas media sosial ke masyarakat," jelasnya kepada Tribunjateng.com melalui sambungan telepon, Kamis (23/5/2019).

Ia menuturkan, filter yang dilakukan dengan pembatasan aktifitas media sosial berdampak pada aktifitas pedagang online.

"Sebenarnya tujuannya sangat baik, namun karena kurang persiapan, masyarakat yang memanfaatkan media sosial untuk rezeki kesulitan mengakses akun mereka," tuturnya.

Ia memprediksi pembatasan aktifitas media sosial akan terjadi selama tiga hari ke depan.

"Saya juga ikut memantau pembatasan tersebut. Awalnya hanya untuk aplikasi WhatsApp, namun merambah ke Facebook dan Instagram. Karena kedua aplikasi itu juga dimanfaatkan untuk menyebarkan foto dan video," paparnya.

Halaman
12
Penulis: budi susanto
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved