Pinjaman Online Akseleran ke Merchant Tokopedia Tumbuh Positif

Akseleran memfasilitasi pinjaman online untuk merchant Tokopedia dengan rata-rata jumlah pinjaman sebesar Rp 10 juta hingga Rp 200 juta.

Pinjaman Online Akseleran ke Merchant Tokopedia Tumbuh Positif
tribunjateng/suharno
Ilustrasi-Tokopedia menggelar roadshow di Solo, Jumat (21/11/2014) 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Desta Leila Kartika

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Fintech Peer-to-Peer (P2P) Lending Akseleran, secara konsisten terus memberikan penyaluran pinjaman produktif kepada para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia.

Untuk sektor mikro, akseleran memfasilitasi pinjaman online untuk merchant Tokopedia dengan rata-rata jumlah pinjaman sebesar Rp 10 juta hingga Rp 200 juta.

Chief Credit Officer & Co-Founder Akseleran, Christopher Gultom mengatakan, bentuk kerja sama strategis dengan Tokopedia ini, merupakan bentuk komitmen Akseleran dalam mendukung pertumbuhan UMKM yang memiliki kontribusi besar terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) di Tanah Air.

Setidaknya, kata dia, kontribusi UMKM selama lima tahun terakhir terhadap PDB meningkat menjadi 60,34 persen dari sebelumnya 57,84 persen.

“Sejak bekerja sama dengan Tokopedia per Desember 2018, fasilitas pinjaman online yang kami berikan terus tumbuh positif. Hingga saat ini, Akseleran sudah menyalurkan miliaran rupiah dana pinjaman kepada puluhan merchant Tokopedia,” ucap Christopher, pada Tribunjateng.com, Kamis (23/5/2019).

Ia menyebut, merchant online juga bagian dari UMKM sektor ekonomi digital yang terus bertumbuh, dan merchant tersebut pasti membutuhkan modal usaha untuk mengembangkan bisnisnya. Sehingga, pihaknya menghadirkan produk online merchant financing melalui Tokopedia.

Besaran rata-rata pinjaman yang sudah disalurkan yaitu Rp 60 juta dan pihaknya gembira, karena minat para merchant online di Tokopedia dalam mengajukan pinjaman ke Akseleran cukup besar.

Adapun Akseleran telah menyalurkan total pinjaman sebesar Rp 440 miliar, kepada 845 pinjaman hingga akhir April 2019.

“Kami optimistis, dengan didukung juga oleh ekosistem keuangan yang semakin baik melalui peningkatan terhadap literasi keuangan mengenai P2P Lending. Akseleran mampu menyalurkan total pinjaman sebesar Rp 1 triliun di akhir tahun ini, demi mewujudkan inklusi keuangan menjadi realitas di Indonesia,” ungkapnya.

Business Development Senior Lead of Fintech Tokopedia, Helena menjelaskan, Tokopedia sebagai perusahaan teknologi Indonesia selalu berkomitmen mempermudah masyarakat dalam menciptakan peluang dan mencapai lebih, salah satunya melalui Mitra Toppers.

"Layanan Mitra Toppers memudahkan masyarakat, khususnya penjual di Tokopedia yang saat ini sudah mencapai 5,5 juta. Mendapatkan pinjaman modal dari berbagai bank dan lembaga keuangan lain yang terhubung dengan Tokopedia, salah satunya Akseleran untuk mengembangkan bisnisnya lebih lagi.” pungkas Helena. (dta)

Penulis: Desta Leila Kartika
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved