Di Kudus, Ada Satu Instansi yang Belum Bisa Cairkan THR PNS

Sampai saat ini, kata Eko, belum ada surat permohonan pencairan yang diajukan Puskesmas kepada pihaknya.

Di Kudus, Ada Satu Instansi yang Belum Bisa Cairkan THR PNS
ilustrasi thr 

TRIBUNJATENG.COM, KUDUS – Hari ini dijadwalkan Tunjangan Hari Raya (THR) cair untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS). Di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus, ada satu instansi yang sampai saat ini belum bisa mencairkannya.

Kepala Badan Pengelolaan, Pendapatn, Keuangan, dan Aset Daerah (BPPKAD) Kabupaten Kudus, Eko Djumartono mengatakan, satu instansi yang belum bisa mencairkan THR yaitu Puskesmas Jekulo.

Sampai saat ini, kata Eko, belum ada surat permohonan pencairan yang diajukan Puskesmas kepada pihaknya.

“Kalau gaji plus tunjangan, ini di luar TPP (Tunjangan Penghasilan Pegawai) lho ya, yang nyetak BKPP (Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan). Tapi kalau TPP yang tahu persis masing-masing OPD (Organisasi Perangkat Daerah),” kata Eko saat ditemui di kantornya di Kompleks Gedung Setda Kudus, Jumat (24/5/2019).

Adapun alokasi untuk THR kepada seluruh PNS di Kudus, menurut Eko mencapai Rp 41 miliar. Jumlah sebanyak itu terdiri dari Rp 32 miliar untuk gaji pokok plus tunjangan dan Rp 9 miliar untuk TPP.

“THR PNS terdiri dari gaji pokok plus tunjangan dan TPP. Alokasi sebanyak Rp 41 miliar belum terpotong pajak itu,” jelasnya.

Dia mengatakan, bagi OPD yang telah mengajukan surat permohonan pencairan THR, per hari ini dipastikan terkirim ke masing-masing pegawainya.

“Kalau Puskesmas Jekulo sampai siang ini belum mengirim surat permohonan pencairan,” jelas Eko.

Meski belum melayangkan permohonan pencairan, bukan berarti hangus THR-nya. Eko menjelaskan, ketika minggu depan baru melayangkan permohonan, maka pihaknya akan langsung mentransfer ke masing-masing rekening pegawainya.

“Kalau mereka mengajukannya hari senin, misalnya, hari senin kami transfer. Bukan berarti hangus,” jelas Eko.

Eko menjelaskan, Puskesmas Jekulo tidak merger dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus. Puskesmas ini telah resmi menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD). Artinya, mereka memiliki fleksibilitas dalam mengatur instansi secara mandiri. (*)

Penulis: Rifqi Gozali
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved