Ngopi Pagi

FOKUS : Mudik Lancar Selamat

LEBARAN sebentar lagi, berarti musim libur hari raya sudah berada di depan mata. Jutaan calon pemudik telah bersiap-siap pulang ke kampung halaman.

tribunjateng/cetak/grafis bram kusuma
Abduh Imanulhaq atau Aim wartawan Tribun Jateng 

Oleh Abduh Imanulhaq

Wartawan Tribun Jateng

LEBARAN sebentar lagi, berarti musim libur hari raya sudah berada di depan mata. Jutaan calon pemudik telah bersiap-siap pulang ke kampung halaman.

Tak sedikit yang sudah memiliki agenda mengunjungi tempat-tempat wisata di daerah asal. Senyampang berkumpul dengan sanak saudara dan kerabat, menengok lokasi-lokasi penuh kenangan demi merawat ingatan.

Kementerian Perhubungan memperkirakan puncak arus mudik terjadi selama tiga hari, mulai 30 Mei hingga 1 Juni. Adapun  puncak arus balik diprediksi terjadi pada 9 Juni.

Jumlah pemudik yang menggunakan jalur darat diyakini akan bertambah dibandingkan libur Lebaran tahun lalu. Proyeksi ini sudah mencakup pengguna jasa kereta api.

Penurunan tajam diprediksi justru terjadi di jalur udara. Sekitar 30 persen hingga 40 persen pemudik yang biasa menggunakan pesawat akan beralih ke transportasi darat.

Pera pejabat Kementerian Perhubungan berpendapat alih moda transportasi ini tak hanya disebabkan kenaikan harga tiket pesawat. Beroperasinya jalan Tol Trans Jawa yang bisa mempercepat waktu tempuh ikut menjadi alasan pemudik.

Tentu kita berharap seluruh prediksi itu sudah diantisipasi sehingga arus mudik tahun ini lancar. Tidak berbeda dari kelancaran pada masa Lebaran tahun lalu.

Kesuksesan Operasi Ketupat 2018 merupakan cermin bahwa sinergisitas yang baik akan menghasilkan pencapaian yang baik. Kemacetan panjang yang biasa terjadi pada masa mudik dan balik Idulfitri tak terjadi berkat koordinasi apik seluruh pemangku kepentingan.

Halaman
12
Penulis: abduh imanulhaq
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved