Kompetensi Ilmu Kopi Jadi Hal Menarik di Teknologi Pangan Unkartur Semarang

Universitas Nasional Karangturi di Semarang hadir melalui program studi teknologi pangan untuk menjawab ketersedian ahli kopi.

Kompetensi Ilmu Kopi Jadi Hal Menarik di Teknologi Pangan Unkartur Semarang
IST
Ilustrasi barista menyiapkan sajian kopi 

Oleh. Anang Mulyantana, S.P., M.Sc, Dosen dan Ketua Program Studi Teknologi Pangan Universitas Nasional Karangturi (UNKARTUR) Semarang

Tren penikmat kopi meningkat seiring dengan menjamurnya kedai-kedai kopi di Indonesia. Ilmu kopi sangat diperlukan sebagai langkah awal menjaga kualitas kopi.

TREN pertumbuhan kedai-kedai kopi memunculkan keahlian seseorang untuk mampu memahami dan meramu menjadi kenikmatan kopi.

Kopi indentik dengan varietas/jenis, asal / indikasi geografis kopi, aroma, pahit, asam (green coffee), nongkrong, sosialita dan lain sebagainya.

Tetapi kadang kita perlu juga memahami langkah proses produksi, brewing / menyeduh, sehingga dapat menghasilkan rasa yang optimal.

Perguruan tinggi di dorong untuk menyambut fenomena tersebut sebagai bagian perbaikan kualitas sumber daya manusia menjadi seorang yang expert dalam bidangnya terutama kopi.

Universitas Nasional Karangturi (UNKARTUR) salah satu universitas baru di Indonesia yang berupaya menjawab fenomena tersebut dengan menghasilkan kualitas sumber daya manusia yang adaptif, kompetitif dan berdaya saing tinggi menjadi ahli kopi.

Kurikulum program studi Teknologi Pangan akan memuat kajian-kajian pascapanen hingga produk hilir dan proses produksi melalui bioproses yang mengandalkan kualitas aroma dan bahan aktif utama kopi yaitu kafein.

Mahasiswa kuliah di program studi teknologi Pangan Universitas Nasional Karangturi akan dibekali kemampuan memahami proses produksi industri pengolahan dan menjaga kualitas kopi seperti cupping, brewing, roasting dan grinding.

Pembekalan dengan inovasi kewirausahaan bidang kopi, tahapan perencanaan dan implementasi usaha kopi sebagai bagian kegiatan pembekalan mahasiswa.

Halaman
12
Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved