Upgrade Kompetensi D3 Rekam Medis ke S1 Manajemen Informasi Kesehatan (S.RMIK) di Unkartur Semarang

Unkartur berkomitmen menghasilkan lulusan sarjana Rekam Medis dan Informasi Kesehatan (RMIK) yang berkompeten.

Upgrade Kompetensi D3 Rekam Medis ke S1 Manajemen Informasi Kesehatan (S.RMIK) di Unkartur Semarang
IST
Tim Medis 

TRIBUNJATENG.COM - Pesatnya perkembangan layanan kesehatan membutuhkan teknologi dan metode pengelolaan informasi layanan kesehatan terkini, untuk memenuhi berbagai kebutuhan medis, manajemen, hukum penelitian dan pendidikan.

Apalagi khsusunya di era JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) yang mulai menuju implementasi rekam medis elektronik dan analisis data yang akurat untuk mencegah fraud di Intitusi Kesehatan (Rumah Sakit).

Oleh karena itu diperlukan tenaga kesehatan yang ahli dibidang pengelolaan data dan informasi layanan kesehatan berbasis teknologi informasi dan komunikasi.

Program Studi S-1 Manajemen Informasi Kesehatan/ MIK (Rekam Medis) Universitas Nasional Karangturi (UNKARTUR) sebagai salah satu Perguruan Tinggi baru di kota Semarang dan 1 dari (hanya) 5 prodi S-1 Rekam Medis di Indonesia, berkomitmen untuk menghasilkan lulusan sarjana Rekam Medis dan Informasi Kesehatan (RMIK) yang berkompeten, berdedikasi tinggi, dan unggul dalam Analisa data Pelayanan Kesehatan (Healthcare Data Analyst) dan Rekam Medis Elektronik-RME/ Rekam Kesehatan Elektronik-RKE (Electronic Medical Record-EMR / Electronic Health Record-EHR).

Lantas apa perbedaan mendasar kompetensi D3 Rekam Medis dan S1 Manajemen Informasi Kesehatan (Sarjana Rekam Medis)?

Jelas berbeda dari segi level lulusan D3 diranah vokasi dan S1 sebagai akademisi. Muatan kompetensi S1 bidang analisa data, manajemen, rekam medis elektronik dan audit rekam medis lebih luas dan mendalam, bidang kerjanya juga sebagai manajer dan penanggung jawab dibidang rekam medis.

Sedangkan pada ranah D3 rekam medis lebih kearah teknis pelaksana unit rekam medis.

Untuk mendukung peningkatan kompetensi perekam medis alumni D3 rekam medis menjadi S1 (sarjana RMIK), prodi S-1 MIK UNKARTUR yang berkampus di jalan Raden Patah 182-192 Semarang juga membuka kelas program transfer yang dijadwalkan kuliah sore hari.

Dengan demikian perekam medis yang telah bekerja juga punya kesempatan untuk melanjutkan kuliah ke jenjang S-1 MIK di UNKARTUR Semarang. (*)

Informasi selengkapnya terkait pendidikan rekam medis bisa langsung menghubungi 024-3545882 atau 08112710322

Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved