Pemprov Jateng Sediakan 1.200 Bus Mudik Gratis

Sekretariat Daerah Jawa Tengah (Setda Jateng) mengecek sejumlah fasilitas penumpang di Terminal Tirtonadi Kota Solo, Kamis (23/5).

Pemprov Jateng Sediakan 1.200 Bus Mudik Gratis
tribun jateng/bakti buwono budiasto
Ilustrasi 

TRIBUNJATENG.COM, SOLO -- Sekretariat Daerah Jawa Tengah (Setda Jateng) mengecek sejumlah fasilitas penumpang di Terminal Tirtonadi Kota Solo, Kamis (23/5).

Beberapa staf berkeliling di ruang tunggu keberangkatan, drop zone kedatangan, gerai makanan dan oleh-oleh, serta ruang informasi terminal.

Asisten Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Setda Jateng, Peni Rahayu mengusulkan pengelola terminal menyediakan ruang pemeriksaan kesehatan khusus sopir bus.

"Itu harus. Jangan sampai ada sopir mengemudi dalam kondisi terpengaruh minuman beralkohol atau minol istilahnya," kata dia.

Peni juga berpendapat agar pengelola terminal juga memperhatikan kondisi awak bus, sebagai bentuk pelayanan tambahan.

Mantan Kabiro Isda Setda Jateng itu membeberkan Kota Solo peringkat pertama destinasi pemudik asal Jakarta.

"Yang kedua itu Semarang, lalu Tegal. Jadi kami perlu mengecek kesiapan pengelola terminal di sini. Tadi kami sudah cek Bandara Adi Soemarmo, sudah bagus. Setelah ini kami lanjut ke Stasiun Balapan Solo," tambahnya.

Peni menyampaikan Pemprov Jateng akan menyediakan 1.200 unit bus program Mudik Gratis jelang Lebaran. Bus akan diberangkatkan dari Jakarta dan sekitarnya, pada 1-2 Juni 2019.

Sebagai informasi, bus mudik gratis merupakan bantuan swasta dan Kementerian Perhubungan. Selain bus, Peni berujar akan menggandeng PT KAI menyediakan kereta mudik gratis.

"Kami masih menunggu informasi dari PT KAI soal pemberangkatannya," kata dia.

Koordinator Terminal Tirtonadi Solo, Joko Sutriyanto menyanggupi permintaan Pemprov Jateng. Dia berujar masukan dan usulan tersebut segera direalisasikan.

"Kami sudah siap menyambut pemudik yang menumpangi bus. Terkait awak bus, kami akan siapkan layanan pemeriksaan fisik bus setelah datang sampai akan berangkat lagi," kata dia. (dna)

Penulis: Daniel Ari Purnomo
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved