Pendaftar Pilkades Lebih dari Lima Orang, Pemkab Brebes Saring Bakal Calon Lewat Test Tertulis

Pemkab Brebes mengadakan tes seleksi tertulis bagi para bakal calon kepala desa (Kades) yang ikut berebut posisi dalam Pemilihan Kades (Pilkades) sere

Pendaftar Pilkades Lebih dari Lima Orang, Pemkab Brebes Saring Bakal Calon Lewat Test Tertulis
Istimewa
Ratusan bakal calon Kades mengikuti seleksi tertulis yang digelar Pemkab Brebes. 

TRIBUNJATENG.COM, BREBES - Pemkab Brebes mengadakan tes seleksi tertulis bagi para bakal calon kepala desa (Kades) yang ikut berebut posisi dalam Pemilihan Kades (Pilkades) serentak 16 Juni mendatang. 146 bakal calon Kades mengikuti tes tersebut.

Plt Kabag Pemdes Pemkab Brebes, Laode aris Vindar mengatakan, seleksi test tertulis balon Kades diperuntukkan bagi desa yang jumlah pendaftarnya lebih dari 5 orang. Dari total seluruh desa yang akan menggelar Pilkades, 22 desa di antaranya diketahui pendaftar melebihi batas maksimal.

"Desa yang pendaftar Pilkades melebihi lima orang, kita seleksi ulang melalui tes tertulis dengan menggandeng tim independen. Nanti setiap desa hanya diambil lima pendaftar untuk ikut Pilkades," kata Laode, Minggu (26/5/2019).

Seleksi tertulis tersebut telah digelar Jumat (24/5/2019) kemarin. Seleksi diikuti 146 balon kades dari seharusnya 150 balon. Itu karena tiga balin tidak hadir dan satu orang mengundurkan diri.

Wakil Bupati Brebes, Narjo menyampaikan, sesuai Permendagri Nomor 65 tahun 2017 tentang Pemilihan Kepala Desa, jumlah cakades minimal dua orang, dan maksimal lima orang.

"Apabila pendaftarnya lebih dari lima orang, maka akan dilakukan seleksi test tertulis. Sekarang ada 22 desa yang jumlah pendaftarnya lebih dari lima orang," ujar Narjo.

Selanjutnya, diserahkan juga MoU antara panitia Pilkades Kabupaten Brebes dengan tim independen dari Wakil Bupati Brebes Narjo kepada Tim Independen yang diketuai Siswanto.

"Seleksi melibatkan pihak ketiga dengan menggandeng Universitas Pancasakti (UPS) Tegal sebagai tim seleksi independen. Poin penilaian, berupa pengalaman, pengetahuan umum, dengan metode pilihan ganda," kata Siswanto. (Nal)

Penulis: m zaenal arifin
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved