Bupati Pati: Bantuan Keuangan Merupakan Hal Penting untuk Diaudit BPK

Saat memberikan pengarahan, Bupati mengungkapkan alasannya selalu hadir dalam setiap penyerahan bantuan

Bupati Pati: Bantuan Keuangan Merupakan Hal Penting untuk Diaudit BPK
Istimewa
Bupati Pati: Bantuan Keuangan Merupakan Hal Penting untuk Diaudit BPK 

TRIBUNJATENG.COM, PATI - Bupati Pati Haryanto bersama Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermades) Kabupaten Pati Muchtar menyerahkan bantuan keuangan bagi pengurus tempat ibadah di tiga Eks-Kawedanan, yaitu Jakenan, Juwana, dan Tayu, Sabtu (25/5/2019).

Saat memberikan pengarahan, Bupati mengungkapkan alasannya selalu hadir dalam setiap penyerahan bantuan.

"Saya berusaha hadir sebab ada beberapa hal yang harus kita sinkronkan. Sebab apapun yang ada hubungannya dengan keuangan, pasti akan ada pertanggung jawabannya," tegas Haryanto.

Menurut Haryanto, pihaknya selalu hadir dalam setiap penyerahan bantuan sebab bantuan keuangan semacam ini menjadi salah satu hal yang penting untuk diaudit oleh Badan Pemeriksa Keuangan.

"Sehingga saya berusaha agar program saya yang telah berjalan 7 tahun ini tetap relevan. Dan alhamdulillah dari tahun ke tahun selalu meningkat. Belum pernah terjadi penurunan," ujar Bupati Haryanto yang baru saja menerima Opini WTP dari BPK RI.

Haryanto menegaskan, besarnya anggaran pemberian bantuan yang mencapai lebih dari Rp 4 miliar ini, harus bisa dipertanggungjawabkan. Begitu juga dengan bantuan untuk kelurahan-kelurahan di Kecamatan Pati yang nilainya mencapai ratusan juta. Bupati berharap penyalurannya tepat sasaran.

Pencairan bantuan keuangan secara serentak di tiap Eks-Kawedanan ini memang bertujuan agar tidak saling menimbulkan pertanyaan masing-masing desa. Oleh sebab itu, pihaknya menegaskan agar perangkat masing-masing desa segera menyerahkan bantuan keuangan tersebut kepada penerima sebelum hari lebaran.

"Jangan sampai ada takmir atau pengurus tempat ibadah yang saat lebaran nanti datang ke tempat saya dan menanyakan tentang bantuan tersebut. Padahal sudah diberikan ke desa-desa sebelum hari lebaran," ungkapnya. (Mazka Hauzan Naufal).

Penulis: Mazka Hauzan Naufal
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved