Lontarkan Kritik Tak Sopan pada Donald Trump di Facebook, Seorang Hakim Dijatuhi Sanksi

Seorang hakim di Utah, AS, diskors selama 6 bulan tanpa gaji, setelah membuat komentar kristis soal Presiden Donald Trump di persidangan dan Facebook

Lontarkan Kritik Tak Sopan pada Donald Trump di Facebook, Seorang Hakim Dijatuhi Sanksi
AFP/NICHOLAS KAMM
Presiden Amerika Serikat Donald Trump. 

TRIBUNJATENG.COM, SALT LAKE CITY - Seorang hakim di Utah, AS, diskors selama 6 bulan tanpa gaji, setelah membuat komentar kristis soal Presiden Donald Trump di persidangan dan halaman Facebook-nya.

Diwartakan CNN, Minggu (26/5/2019), Pengadilan Tinggi Utah menyebutkan unggahan Facebook Hakim Michael Kwan penuh dengan kritik tumpul dan tidak sopan terhadap Trump.

Namun, komentar Kwan di Facebook dibuat pada beberapa tahun lalu saat kampanye pilpres AS 2016 dan setelah Trump menjadi presiden.

Pernyataan Kwan itu termasuk menyinggung soal acara TV "Access Hollywood" yang memperlihatkan Trump mengucapkan komentar kasar tentang perempuan.

Dia juga menyebutkan, masa pemerintahannya sebagai satu contoh pengambialihan fasis.

Pengadilan Tinggi Utah menyimpulkan penyataaan Kwan telah melanggar Kode Etik Yudisial negara bagian dan berpotensi merusak integritas, serta imparsialitas pengadilan.

"Perilaku Hakim Kwan merendahkan reputasinya sebagai ahli hukum yang tidak memihak, independen, bermartabat, dan sopan," demikian bunyi putusan yang ditulis Hakim Agung Utah John A Pearce.

"Dan [pernyataan] itu mengurangi reputasi seluruh peradilan kita," imbuhnya.

Mengutip dari AFP, dalam salah satu unggahan pada 20 Januari 2017 ketika Trump dilantik sebagai presiden AS, Kwan menulis sesuatu.

"Selamat datang dalam pemerintahan. Akahkan Anda tidak akan bertindak dan menghabiskan empat tahun ke depan merusak reputasi dan kedudukan negara kita di dunia?" tulisnya di Facebook.

Halaman
12
Editor: m nur huda
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved