Perlakuan Khusus Lebaran Antisipasi Gangguan Perjalanan Kereta Api, Tiap Hari Ada Teknisi Cek Jalur

Kepala Stasiun Kemiri Kebakkramat, Sudarmanto menyampaikan, pemeriksaan dilakukan karena traffic perjalanan KA menjelang Lebaran dipastikan meningkat.

Perlakuan Khusus Lebaran Antisipasi Gangguan Perjalanan Kereta Api, Tiap Hari Ada Teknisi Cek Jalur
TRIBUN JATENG/AGUS ISWADI
AKP Sutami didampingi Kepala Stasiun Kemiri Kebakkramat, Sudarmanto mengecek monitor pemantauan perjalanan kereta api di wilayah Kabupaten Karanganyar, Senin (27/5/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Menjelang arus mudik Lebaran, pemeriksaan sektor transportasi semakin intensif dilakukan.

Tidak terkecuali di sepanjang jalur lintasan kereta api (KA) di Kabupaten Karanganyar.

Kepala Stasiun Kemiri Kebakkramat, Sudarmanto menyampaikan, pemeriksaan dilakukan karena traffic perjalanan KA menjelang Lebaran dipastikan meningkat.

Apabila hari biasa perjalanan KA sekitar 50 perjalanan, kini menjelang Lebaran menjadi 64 perjalanan.

Sudarmanto mengatakan, masa angkutan Lebaran berlangsung mulai 26 Mei hingga 13 Juni 2019.

"Menjelang Lebaran ada tambahan, 50 perjalanan reguler, 12 perjalanan khusus angkutan lebaran dan 2 perjalanan angkutan sepeda motor," katanya, Senin (27/5/2019).

Selanjutnya, dalam pemeriksaan tersebut melibatkan pihak Polsek Kebakkramat, TNI, relawan, dan Satpol PP Kabupaten Karanganyar.

Dia menuturkan, teknisi PT KAI Daop VI Yogyakarta secara reguler memeriksa jalur setiap hari.

Adapun penambahan waktu pegecekan dilakukan untuk memastikan tidak ada potensi yang mengganggu perjalanan.

Lebih lanjut, menurutnya ada banyak faktor yang bisa mengganggu perjalanan kereta.

Seperti gangguan sinyal, rel patah, human eror, kemungkinan terjadi longsor di sekitar jalur, serta sabotase oleh pihak tak bertanggung jawab.

"Jika ada persoalan teknis, seperti baut longgar, segera ditangani. Petugas melakukan patroli, untuk memastikan keamanan jalur saat dilewati kereta," tuturnya.

Sementara itu, Kapolsek Kebakkramat, AKP Sutami menyampaikan, pemeriksaan dilakukan untuk memastikan arus mudik-balik Lebaran yang melewati Kebakkramat aman dari gangguan, polisi bersinergi dengan TNI dan elemen masyarakat lain.

"Kami ingin memastikan, jalur kereta aman. Sehingga perjalanan kereta tidak terganggu. Dari keterangan pihak Stasiun Kemiri, pengecekan sudah dilakukan rutin oleh teknisi," jelasnya. (Agus Iswadi)

Penulis: Agus Iswadi
Editor: deni setiawan
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved