Unkartur Jelaskan Tanda-Tanda Kelelahan Penyebab Kerja Tak Produktif

Kelelahan disebut juga sebagai fatigue merupakan kondisi yang ditandai dengan perasaan lelah yang berpengaruh terhadap produktivitas kerja.

Unkartur Jelaskan Tanda-Tanda Kelelahan Penyebab Kerja Tak Produktif
gettyimages
Ilustrasi Kelelahan 

Penulis: Puspita Puji Rahayu S.Psi, M.Si

Dosen Program Studi Psikologi-Universitas Nasional Karangturi (UNKARTUR) Semarang

APAKAH Anda merasa kelelahan? Kelelahan disebut juga sebagai fatigue merupakan kondisi yang ditandai dengan perasaan lelah dan menurunkan kesiagaan serta berpengaruh terhadap produktivitas kerja.

Universitas Nasional Karangturi (UNKARTUR) sebagai salah satu perguruan tinggi di Semarang memiliki program studi psikologi, dimana di dalamnya Anda akan mempelajari perilaku manusia dan proses mental.

Lalu apa tanda-tanda Anda mengalami Fatigue?

Suma’mur (2009) dalam bukunya Hiegine Perusahaan dan Kesehatan Kerja kelelahan menunjukan keadaan tubuh fisik dan mental yang berbeda, tetapi semuanya berakibat kepada penurunan daya kerja dan berkurangnya ketahanan tubuh untuk bekerja.

Puspita Puji Rahayu S.Psi, M.Si
Dosen Program Studi Psikologi-Universitas Nasional Karangturi
Puspita Puji Rahayu S.Psi, M.Si Dosen Program Studi Psikologi-Universitas Nasional Karangturi (IST)

Kelelahan merupakan kriteria yang kompleks tidak hanya manyangkut kelelahan fisiologis dan psikologis tetapi dominan hubungannya dengan penurunan kinerja fisik adanya perasaan lelah, penurunan motivasi, dan penurunan produktivitas kerja.

Jika seseorang secara fisik kelelahan cukup lama, mereka juga akan lelah mental.

Perasaan lelah merupakan efek kumulatif dari intensitas dan durasi kerja fisik dan mental, monotoni, pencahayaan, kebisingan, iklim kerja, tanggung jawab, kecemasan dan konflik, penyakit, keluhan sakit, dan gizi kurang.

Berbagai kombinasi penyebab terjadinya kelelahan tersebut ada di dalam kehidupan setiap harinya dan waktu pemulihan sangat dibutuhkan untuk menghilangkan berbagai penyebab kelelahan.

Halaman
12
Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved