331 Personel Polres Batang Siap Amankan Arus Mudik Lebaran, Termasuk Tim Pengurai Kemacetan

Polres Batang menyiapkan 331 personil untuk disebar ke beberapa titik sekitar jalur tol dan Pantura dalam kaitannya pengamanan arus mudik Lebaran.

331 Personel Polres Batang Siap Amankan Arus Mudik Lebaran, Termasuk Tim Pengurai Kemacetan
TRIBUN JATENG/DINA INDRIANI
Kapolres Batang AKBP Edi S Sinulingga. 

TRIBUNJATENG.COM, BATANG - Polres Batang telah menyiapkan 331 personil untuk disebar ke beberapa titik sekitar jalur tol dan Pantura dalam kaitannya pengamanan arus mudik Lebaran.

Hal itu disampaikan Kapolres Batang, AKBP Edi S Sinulingga usai Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Candi 2019 dalam PAM Lebaran 2019, di Halaman Mapolres Batang, Selasa (28/5/2019).

"331 personil tersebut juga mendapat backup dari Polda Jateng yang akan membantu di rest area," terangnya.

Dijelaskannya, untuk di wilayah hukum Polres Batang di jalur Pantura pos pengamanan terdapat lima titik dan tujuh sub pospam sebanyak 80 personel.

Untuk mengantisipasi adanya kemacetan, pihaknya menyiapkan tim pengurai lantas.

"Kami juga memiliki tim pengurai lantas apabila terjadi trouble kemacetan, yang akan mengurai di jalur tol dan Pantura," jelasnya.

Adapun titik rawan kemacetan berada di jalur Pantura Desa Sengon, Clapar Kecamatan Subah.

"Kami juga sudah menyiapkan kantung parkir truk di Petamanan dan Penundan," ujarnya.

Disampaikannya juga, pihaknya belum menetapkan rekayasa lalu lintas karena menunggu perintah dari Mabes Polri.

"Untuk rekayasa lalu lintas menunggu kebijakan Mabes Polri terkait one way yang akan dilakukan di tol Cikampek hingga Brebes Barat," terangnya.

Menurutnya, rekayasa lalu lintas bergantung kepadatan kendaraan arus mudik, kalau memang jalur tol tidak mampu mengcover volume kendaraan, akan dikeluarkan sepanjang Exit Tol Brebes sampai Exit Tol Kalikangkung Semarang.

"Jangan sampai trouble di Exit Tol Kalikangkung Semarang, karena akan membuat mundur ke belakang kondisi Exit Tol Kendal dan Batang," jelasnya.

Namun, AKBP Edi memprediksi tahun ini tidak sepadat tahun lalu karena tol sudah mulai operasional sehingga arus mudik akan jauh lebih mudah diatasi terkait persiapan. (Dina Indriani)

Penulis: dina indriani
Editor: deni setiawan
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved