Anak Buruh Tani Juarai MTQ Internasional Terima Penghargaan dari Presiden Turki

Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan saat memberikan ucapan selamat kepada Qori muda asal Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB), Syamsuri Firdaus

Anak Buruh Tani Juarai MTQ Internasional  Terima Penghargaan dari Presiden Turki
istimewa
Syamsuri Firdaus 

ANAK Buruh Tani Juarai MTQ Internasional Terima Penghargaan dari Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan

TRIBUNJATENG.COM - Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan saat memberikan ucapan selamat kepada Qori muda asal Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB), Syamsuri Firdaus seusai berhasil meraih juara 1 MTQ Internasional ke-7 yang digelar di Istambul, Turki. (IST)

Potensi anak Bima NTB makin moncer di tingkat internasional. Selain Moh Zohri sebagai pelari dunia, kini muncul Syamsuri sebagai juara qori internasional yang makin terkenal. Dia anak tukang bikin batu bata.

Kemampuan membaca Alquran remaja ini tak diragukan lagi. Baik dari sisi hafalan (hifdzil quran) dan qiroah (seni baca) Alquran telah diakui sejak remaja memang istimewa. Bahkan Syamsuri Firdaus remaja kelahiran Bima NTB 11 April 1999 ini menjadi juara dunia.

Suasana gembira di bulan Ramadhan 2019 dilengkapi dengan kemenangan Samsuri Firdaus, mahasiswa Sastra Arab UI angkatan 2017 asal Bima-NTB menjadi Juara 1 Musabaqah Hifdz Alquran (MTQ) tingkat internasional ke 7 yang digelar di Istanbul, Turki pada Minggu (26/5/2019).

Penghargaan diserahkan langsung Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan disaksikan undangan Kementerian Agama Turki, wakil Konsulat Jenderal negara sahabat termasuk KJRI Istanbul. Dalam beberapa video di youtube, suara mengaji Syamsuri benar-benar indah, nafas panjang dan fasih. Suaranya saat mengaji bisa melenting tinggi dan bisa rendah, meski dalam satu ayat panjang tak putus nafas.

Ajang ini diselenggarakan The World Association for Al-Azhar Graduates (WAAG) bekerja sama pemerintah Turki. MTQ tingkat internasional dikuti 68 negara Islam di Timur Tengah dan Eropa, termasuk Mesir dan Libya.

Dalam lomba tingkat internasional ini, terdapat dua cabang, yaitu cabang MTQ dan Musabaqah Hifdz al-Qur’an (MHQ).

Dalam kegiatan tersebut, Syamsuri yang pernah meraih Juara I kategori Anak-anak MTQ Tingkat Nasional ini berkesempatan diundang langsung Imam Besar Masjid Sultan Ahmed di Istanbul untuk mengaji di depan para jamaah setelah Salat Ashar.

Para finalis berhak mendapat tiket umrah disediakan panitia dan sejumlah uang sebagai penghargaan. Mahasiswa kelahiran 11 April 1999 ini terlahir sebagai anak pertama. Orangtuanya berprofesi sebagai buruh tani, dan ibunya berprofesi sebagai kuli pembuat bata.

Halaman
12
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved