Bupati Wihaji Dorong Petani Berevolusi ke Industri Pertanian

Bahkan paprika budidaya asal Desa Deles, Kecamatan Bawang mampu menembus pasar mancanegara

Bupati Wihaji Dorong Petani Berevolusi ke Industri Pertanian
Tribunjateng.com/Dina Indriani
Bupati Wihaji saat berkunjung ke Kebun Paprika milik Kelompok Tani Peni Murni di Desa Deles Kecamatan Bawang, Selasa (28/5/2019). 

TRIBUNJATENG.COM,BATANG - Tidak hanya bawang putih saja yang berhasil dibudidaya di Kecamatan Bawang, Jawa Tengah.

Namun, komoditas lain juga tak kalah sukses dan berhasil dibudidaya seperti sayur buncis, kool, labu siam dan paprika.

Bahkan paprika budidaya asal Desa Deles, Kecamatan Bawang mampu menembus pasar mancanegara.

"Keberhasilan dan kesuksesan ini jangan hanya untuk kelompoknya saja, tapi tularkan ilmu dan kesuksesan dalam membudidayakan sayuran, ke petani lainya," tutur Bupati Wihaji saat berkunjung ke Kebun Paprika milik Kelompok Tani Peni Murni di Desa Deles Kecamatan Bawang, Selasa (28/5/2019).

Menurut Wihaji di jaman yang sudah memasukibrevolusi industri 4.0 para petani juga harus mampu berevolusi agar tidak tertinggal.

Oleh karena itu, Pemkab mendorong pertanian untuk bisa berevolusi menjadi industri pertanian.

"Industri pertanian lebih pada meningkatkan hasil dan mutu produksi, meningkatkan taraf hidup dan pendapatan petani, meningkatkan lapangan kerja dan kesempatan berusaha dibidang pertanian," jelasnya.

Bupati berharap masyarakat Batang yang sebagian besar petani untuk tidak malu belajar, kreatif dan berinovasi dalam bertani sehingga mampu menghasilkan komoditas unggulan dan mampu memenuhi kebutuhan sayuran masyarakat.

"Kebutuhan komoditas sayuran tidak ada matinya, bahkan permintaan pasar terus mengalami peningkatan karena populasi manusia bertambah dan butuh makan semua, sehingga budidaya sayuran sebenarnya sangat menggiurkan kalau bisa dikelola secara profesional," tuturnya.

Sementara Kelompok Tani Peni Murni Nur Kholis mengatakan, kelompok tani disekitar Desa Deles selain membudidayakan sayuran bawang putih juga menanam paprika, buncis labusiam dan kool.

Halaman
12
Penulis: dina indriani
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved