Harga Kebutuhan Pokok Jelang Lebaran Terpantau Aman

Dengan kata lain, masih memiliki stok yang cukup dan situasi Jelang Lebaran aman untuk harga komoditas

Harga Kebutuhan Pokok Jelang Lebaran Terpantau Aman
Tribunjateng.com/Desta Leila Kartika
kegiatan diskusi yang dilakukan oleh, Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Disperindag Jateng, Mohammad Santoso (kiri), dan Anggota Komisi B DPRD Jateng, Riyono. Dengan mengusung tema Menjaga Stabilitas Harga Pangan Jelang Idul Fitri, Selasa (28/5/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Jelang Lebaran, harga kebutuhan pokok di beberapa pasar di kota Semarang terpantau tidak mengalami kenaikan yang mencolok.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Disperindag Jateng, M. Arif Sambodo yang pada kesempatan ini diwakili oleh Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Disperindag Jateng, Mohammad Santoso, dari data tercatat 18 komoditas per hari ini tidak mengalami kenaikan yang mencolok.

Dengan kata lain, masih memiliki stok yang cukup dan situasi Jelang Lebaran aman untuk harga komoditas.

Adapun 18 komoditas yang dimaksud di antaranya yaitu beras, gula pasir, minyak goreng, daging, telur, susu, jagung, tepung terigu, kacang kedelai, cabai, bawang merah, bawang putih, ikan laut, garam, mie instan, kacang tanah, kacang hijau, ketela pohon, dan daging kerbau.

"Kami memang selalu memantau setiap hari nya, karena ada penugasan dari Kementerian untuk Disperindag baik Provinsi maupun Kabupaten/Kota," tutur Santoso, pada Tribunjateng.com, Selasa (28/5/2019).

Santoso menjelaskan, harga menandakan stok yang tersedia masih aman atau masih tersedia. Maka ketika ada kenaikan harga, pihaknya mengeluarkan stok sehingga harga kembali normal.

Di Jateng sendiri, harga terpantau tidak mengalami kenaikan yang signifikan jelang Lebaran, bahkan ada beberapa produk yang mengalami penurunan harga.

"Kami harap, produk yang terindikasi akan mengalami kenaikan harga tetap disiapkan solusi dengan menyiapkan stok yang tersedia," ucapnya.

Selain itu, pihaknya juga berharap ketika ada pedagang yang nakal, masyarakat bisa melapor dan nantinya akan ditindak lanjuti. Pihaknya juga melakukan sidak di beberapa toko swalayan yang sudah memajang parsel.

Hal-hal yang perlu diperhatikan yaitu kemasan, perizinan halal atau tidak, dan tanggal kadaluarsa nya.

Halaman
12
Penulis: Desta Leila Kartika
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved