Jelang Lebaran 2019, Polres Brebes Musnahkan Ribuan Botol Miras Sitaan

Polres Brebes menggelar apel pasukan tanda dimulainya operasi ketupat candi 2019 di halaman Mapolres Brebes, Selasa (28/5/2019).

Jelang Lebaran 2019, Polres Brebes Musnahkan Ribuan Botol Miras Sitaan
Tribun Jateng/nal
Alat berat melindas ribuan botol miras hasil sitaan operasi cipta kondisi di halaman Mapolres Brebes, Selasa (28/5/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, BREBES - Polres Brebes menggelar apel pasukan tanda dimulainya operasi ketupat candi 2019 di halaman Mapolres Brebes, Selasa (28/5/2019).

Dalam kesempatan itu, kepolisian Brebes juga melakukan pemusnahan minumas keras (miras) sitaan hasil operasi cipta kondisi di berbagai wilayah.

Wakapolres Brebes, Kompol M Faisal Perdana mengatakan, seluruh miras yang dimusnahkan didapat dari operasi yang digelar oleh jajaran Polres dan Polsek selama 3 bulan terakhir sampai pertengahan bulan Ramadan.

Rinciannya, 3.352 botol miras pabrikan berbagai merek, 2.769 botol miras tradisional berbagai merek, dan 61 jerigen tuak/ arak atau sebanyak 1.815 liter. Disamping itu juga dilakukan pemusnahan 9.994 batang petasan.

"Yang kita sita sekitar 7.000-an botol dari operasi cipta kondisi sejak 3 bulan lalu. Kita sita untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan akibat menenggak miras," kata Faisal, usai pemusnahan.

Ia menuturkan, selama momentum lebaran biasanya dimanfaatkan masyarakat untuk menggelar syukuran atau pesta hiburan. Ia tak ingin pesta yang digelar menjadi kacau karena adanya oknum yang terpengaruh alkohol.

"Justru itu nanti akan menjadikan permasalahan dari urusan pribadi menjadi melebar menyangkut desa atau kelompok lainnya," jelasnya.

Untuk operasi tersebut, petugas kepolisian memperolehnya dari berbagai warung di Brebes. Petugas kemudian menyita miras sebagai barang bukti, sedangkan penjual miras hanya dikenai tindak pidana ringan (tipiring).

Faisal menambahkan, pihaknya telah memetakan daerah rawan konflik yang kerap terjadi saat lebaran. Dari pemetaannya, Kecamatan Losari menjadi perhatian utama.

Untuk antisipasinya, Polres Brebes merangkul kalangan pemuda dari Losari dan desa sekitarnya dalam pembuatan film yang lagi trend atau film komedi yang diupload di instagram. Dengan begitu, maka masyarakat khususnya kalangan pemuda menjadi saling kenal.

"Kalau pernah kerjasama begitu kan menjadi kenal. Kalau sudah kenal kan meminimalisir terjadinya masalah," ujarnya.(Nal)

Penulis: m zaenal arifin
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved