Menurut Dr Muhdi, Pemerintah Perlu Ikut Intervensi Agar Mutu Sekolah Sama Rata di Kota Semarang

Pengamat pendidikan, Dr Muhdi mengungkapkan, sistem zonasi dengan kelurahan bukan satu-satunya cara melakukan pemerataan pendidikan.

Menurut Dr Muhdi, Pemerintah Perlu Ikut Intervensi Agar Mutu Sekolah Sama Rata di Kota Semarang
TRIBUN JATENG/AKBAR HARI MUKTI
Rektor UPGRIS Semarang, Dr Muhdi kritisi program zonasi dalam PPDB SD Negeri di Kota Semarang, Selasa (28/5/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Seperti yang pernah diberitakan sebelumnya oleh Tribunjateng.com, ada sebagian sekolah dasar (SD) negeri di Kota Semarang masih kekurangan peserta didik dalam PPDB 2019.

Meski Disdik Kota Semarang segera menggelar pendaftaran secara offline khusus untuk SD yang kuota siswanya belum terpenuhi, kurangnya siswa di sebagian sekolah itu mestinya dapat dihindari.

Pengamat pendidikan, Dr Muhdi mengungkapkan, sistem zonasi dengan kelurahan bukan satu-satunya cara melakukan pemerataan pendidikan.

Malah, menurut Sekretaris PGRI Provinsi Jawa Tengah itu, dibanding menggunakan sistem zonasi untuk PPDB, pemerintah bisa menyetarakan mutu tiap sekolah yang ada.

"Pemerintah memotong kesenjangan kualitas atau intervensi terhadap sekolah yang prestasinya kurang bagus sehingga tak diminati," ungkapnya di Kampus UPGRIS Semarang, Selasa (28/5/2019).

Intervensi perlu dilakukan pemerintah agar sekolah yang saat ini kurang diminati menjadi lebih bermutu.

Apabila sudah bermutu, masyarakat akan berbondong-bondong bersekolah di sana.

"Alasannya kan orangtua siswa bersikukuh agar anaknya sekolah di sekolah keinginan mereka dan menafikkan sekolah lain," imbuhnya.

"Bila sekolah-sekolah di Kota Semarang memiliki standar mutu yang hampir sama, kami rasa hal tersebut tak akan terjadi."

Adapun bagi sekolah yang bertahun-tahun tetap memiliki jumlah siswa yang sedikit, menurutnya memang lebih baik diregrouping.

Halaman
12
Penulis: akbar hari mukti
Editor: deni setiawan
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved