Terminal BBM Semarang Berangkatkan Umroh Dua Sopir Tangki Terbaik

BBM menjadi hal yang paling di cari saat mudik dan balik lebaran Idul Fitri. Mobilitas masyarakat yang meningkat membuat konsumsi BBM melonjak drasti

Terminal BBM Semarang Berangkatkan Umroh Dua Sopir Tangki Terbaik
Istimewa
Hadiah Umroh : Operation Head Terminal BBM Semarang Ramod Fitriansyah Saputra (dua dari kanan) menyerahkan hadiah umrah secara simbolis kepada sopir tangki berkinerja terbaik Senin (27/5/2019) malam. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Bahan Bakar Minyak ( BBM) menjadi hal yang paling di cari saat mudik dan balik lebaran Idul Fitri. Mobilitas masyarakat yang meningkat membuat konsumsi BBM melonjak drastis.

Mengantisipasi hal itu, Operation Head Terminal BBM (TBBM) Semarang Pengapon, Ramod Fitriansyah telah membentuk satgas yang siap siaga 24 jam mendistribusikan BBM ke SPBU di Jateng. Mereka tidak akan libur selama mudik dan balik.

"Kami sudah siapkan 130 mobil tangki BBM yang beroperasi penuh tanpa henti untuk memasok BBM," terang Ramod ketika ditemui di Depot Pertamina Pengapon Semarang, Selasa (28/5/2019).

130 kendaraan itu akan dioperasikan oleh 600 orang sopir yang bekerja secara bergantian. Mereka disiagan saat menghadapi puncak konsumsi BBM masyarkat yang diprediksi akan ada dalam periode H-7 hingga H+7.

"Pada masa puncak konsumsi nanti per hari, BBM semua jenis yang kami distribusikan mencapai 5 juta liter dan itu naik 20 persen dari hari biasa," kata Ramod lebih lanjut.

Untuk melancarkan distribusi dan membuat Awak Mobil Tangki (AMT) antusias dalam memberikan pelayanan sehingga bisa mengantat dengan aman dan tepat waktu, Ramod juga meminta perusahaan mitra yang mengelola para sopir tangki untuk memberika reward.

Ia menyebut hadiah untuk AMT ini dimaksudkan agar lebih giat dan taat aturan dalam menjalankan tugasnya. Sebab, bekerja sebagai awak mobil tangki memiliki risiko terutama terhadap terjadinya kecelakaan.

"Setiap pagi ada pengarahan, pemeriksaan kesehatan dan standard yang ketat sebelum menjalankan tugasnya. Dan awak mobil tangki yang mendapat hadiah harus yang terbaik yang selalu mematuhi aturan baik aturan dari kantor maupun di jalan, agar menjadi contoh yang lain," jelas Ramod.

Sementara itu, PT Ardina Prima perusahaan yang menjadi mitra PT Pertamina dalam mengelola Awak Mobil Tangki telah memberikan reward kedapa dua sopir mereka yang bertugas di Terminal BBM Pengapon Semarang dengan hadiah umrah

Dua sopir truk tangki itu adalah Suwandi (53) dan Solikin (50). Keduanya dinilai memiliki kinerja yang bagus dalam menjalankan tugasnya memasok BBM ke berbagai wilayah yang menjadi tugas kerja Terminal BBM Semarang.

Direktur PT Ardina Prima, M Iwan Setiawan menjelaskan pemberian hadiah umroh tersebut baru pertama kali dilakukan perusahaannya. Ia memaparkan pemilihan awak terbaik ini setelah memenuhi lima indikator penilaian. Pertama selama 3 bulan hari kerja tidak pernah absen. Kedua tidak pernah ada komplain terhadap pelayanan ataupun droping BBM yang bersangkutan ke SPBU-SPBU.

"Ketiga tidak pernah terlibat kecelakaan. Keempat saat mengemudi kecepatan truk tangki juga sesuai standar perusahaan dan kelima kesadaran untuk ikut serta briefing sebelum menjalankan tugas," imbuh Iwan.

Ia berharap kru terbaik itu diharapkan bisa menjadi contoh bagi karyawan yang lain, sehingga distribuai BBM bisa lebih aman dan tanpa komplain baik saat hari biasa atau menjelang Lebaran nanti. Ia pun menyebut tidak menutup kemungkinan akan ada reward serupa pada tahun depan untuk kru terbaik berikutnya.

“Para AMT merupakan ujung tombak di lapangan dan hadiah umroh ini semoga membawa berkah bagi yang menerima, dan menjadi contoh bagi yang belum menerima,” katanya.

Sementara itu, salah satu penerima hadiah umrah Suwandi menyatakan berterima kasih kepada PT Ardina Prima yang memberikan penghargaan ini. Ia mengaku sudah menjadi sopir truk tangki selama 15 tahun dan baru kali ini ada program reward bagi sopir yang berkinerja baik.

"Alhamdulillah. Ini yang menilai adalah pimpinan saya, kalau saya tahunya selama ini bekerja sesuai aturan dan patuh pada perintah,” pungkasnya.(*)

Penulis: rival al-manaf
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved