Apa Hukumnya Membatalkan Puasa saat Perjalanan Mudik

Assalamu 'alaikum, redaksi Tribun Jateng. Adakah keringanan bagi orang yang berpuasa saat bepergian jauh atau luar kota untuk mudik

Apa Hukumnya Membatalkan Puasa saat Perjalanan Mudik
Istimewa
Suasana mudik lebaran di stasiun Daop 5 Purwokerto 

Assalamu 'alaikum, redaksi Tribun Jateng. Adakah keringanan bagi orang yang berpuasa saat bepergian jauh atau luar kota untuk mudik, misalnya membatalkan puasa karena tidak kuat di tengah hari?

Jawaban

Wa’alaikum salam.

Pembaca budiman, ada beberapa orang yang mendapatkanrukhshah(dispensasi) boleh untuk tidak berpuasa dan menggantinya sebanyak hari yang ditinggalkan pada hari yang lain, salah satunya adalah mereka yang melakukan perjalanan jauh (musafir) seperti dijelaskan dalam al-Qur’an Surah al-Baqarah ayat 184.

Para ulama berpendapat, perjalanan jauh yang dimaksud di atas adalah perjalanan jauh yang sudah diperkenankan untuk meng-qasharshalat (± jarak 80 km). Dan perjalanan yang bisa mendapatkan dispensasi untuk tidak berpuasa juga adalah perjalanan yang sifatnyamubahatau diperbolehkan agama seperti bekerja, silaturrahim, rekreasi atau yang lain, bukan perjalanan yang diharamkan seperti merampok, berjudi atau yang lain.

Meskipun hukumnya boleh untuk tidak berpuasa bagimusafir,tentunya mereka tetap harus mengedepankanakhlak(etika) ketika mereka makan atau minum, terutama di tempat umum yang di situ terdapat orang yang sedang berpuasa. Para penyedia makanan tentu harus sedikit lebih tertutup selama Ramadan untuk menghormati yang berpuasa.

Mengingat negara kita adalah negara multi agama dan etnis, prinsip saling menghormati perlu dijunjung tinggi sehingga tercipta sebuah kondisi yang nyaman. Hormati yang puasa dan hormati pula yang tidak puasa. Dengan begitu keutuhan NKRI bisa tetap terjaga.
KH Mandzur Labib

Pengurus RMI NU Jateng;

Pengasuh Pesantren Sabilun Najah Kendal

Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved