Kabupaten Tegal Cetak Hattrick Raih Opini WTP

Dalam sambutannya, Ayub mengapresiasi seluruh Pemerintah Kabupaten/Kota yang telah berhasil menyerahkan laporan hasil pemeriksaan

Kabupaten Tegal Cetak Hattrick Raih Opini WTP
Tribunjateng.com/Akhtur Gumilang
Bupati Tegal Umi Azizah menerima penghargaan Opini WTP dari BPK RI Jateng, Selasa (28/5/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Untuk ketiga kalinya secara berturut-turut (hattrick), Pemkab Tegal meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Tegal Tahun Anggaran 2018.

Penyerahan penilaian atas Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) LKPD tersebut diberikan Badan Pemeriksaan Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) Perwakilan Provinsi Jawa Tengah.

Penyerahan LHP LKPD ini diterima langsung oleh Bupati Tegal, Umi Azizah didampingi Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Tegal, Noviyatul Faroh, dari Kepala BPK RI Provinsi Jawa Tengah, Ayub Amali di Auditorium kantor BPK RI Prov. Jateng, Semarang, Selasa (28/5/2019) siang kemarin.

Dalam sambutannya, Ayub mengapresiasi seluruh Pemerintah Kabupaten/Kota yang telah berhasil menyerahkan laporan hasil pemeriksaan secara tepat waktu.

Pada penyerahan LHP LKPD TA 2018 itu, Ayub mengatakan terdapat peningkatan yang signifikan dari beberapa Pemerintah Kabupaten/Kota.

Dibuktikan dengan 26 Pemerintah Kabupaten/Kota di Jawa Tengah yang hadir, keseluruhannya mendapatkan predikat WTP.

Tak terkecuali Kota Tegal, Kabupaten Rembang dan Kabupaten Klaten.

"Ketiga daerah tersebut yang semula hanya meraih WDP, tahun ini bisa naik satu tingkat menjadi WTP. Saya berharap kepada seluruh Pemda dapat mempertahankan predikat WTP ini," kata Ayub dalam rilisnya kepada Tribunjateng.com, Rabu (29/5/2019).

Ayub menyampaikan, opini BPK atas LKPD didasarkan pada empat kriteria, yaitu kesesuaian dengan Standar Akuntansi Pemerintah (SAP), kecukupan pengungkapan, kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, dan efektivitas sistem pengendalian intern.

"Predikat WTP ini bukanlah hadiah dari BPK, melainkan buah kerja keras masing-masing instansi di pemerintah daerah dalam menjalankan pemerintahan yang akuntabel," paparnya.

Ditemui usai penyerahan LHP LKPD, Bupati Tegal, Umi Azizah menyampaikan bahwa pencapaian ini berkat kerjasama seluruh jajaran OPD di lingkungan Pemkab Tegal.

Capaian ini pun tak luput kerja sinergis bersama DPRD Kabupaten Tegal yang telah solid untuk mencapai Pemerintahan yang bersih dan akuntabel.

"Terimakasih kepada seluruh jajaran instansi terkait, semoga pencapaian ini menjadi energi baru dan semangat baru untuk terus mempertahankan predikat WTP," pungkas Umi. (TRIBUN JATENG/GUM).

Penulis: Akhtur Gumilang
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved