Pemkab Purbalingga Pecahkan Mitos Sulit Dapat Opini WTP dari BPK Setelah Kasus OTT

Juni 2018 lalu, KPK melakukan OTT terhadap Bupati Purbalingga kala itu, Tasdi atas dugaan gratifikasi

Istimewa
Pemkab Purbalingga melalui Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi terima opini WTP dari BPK di kantor perwakilan BPK Semarang. 

TRIBUNJATENG.COM, PURBALINGGA - Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi mengklaim Pemkab Purbalingga berhasil keluar dari mitos sulit mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) paska tragedi Operasi Tangkap Tangan (OTT) oleh KPK.

Juni 2018 lalu, KPK melakukan OTT terhadap Bupati Purbalingga kala itu, Tasdi atas dugaan gratifikasi dalam proyek pembangunan Purbalingga Islamic Center. 

Buktinya, Pemerintah Kabupaten Purbalingga berhasil meraih predikat opini WTP dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Jawa Tengah untuk laporan keuangan daerah tahun 2018. 

“Pemerintah daerah yang pasca krisis OTT, di BPK biasanya ada mitos tidak pernah mendapatkan WTP. Itu pun dialami oleh daerah lain juga. Tapi ternyata BPK memberikan apresiasi kepada Kabupaten Purbalingga karena bisa memecahkan mitos tersebut,” kata Bupati yang akrab disapa Tiwi ini.

Predikat ini merupakan raihan ketiga kalinya secara berturut-turut dalam pencapaian opini WTP oleh Pemkab Purbalingga.

Predikat opini WTP tersebut diserahkan langsung oleh Kepala Perwakilan BPK Provinsi Jateng Ayub Amali kepada Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi di Kantor BPK Perwakilan Jawa Tengah, Selasa (28/5). Dalam acara tersebut BPK juga memberikan predikat opini WTP terhadap 26 Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kota dan Kabupaten di Provinsi Jawa Tengah.

Perolehan predikat ini, menurutnya merupakan  hasil kerja keras semua pihak di jajaran Pemkab Purbalingga dan dukungan masyarakat dalam membantu pemerintah dari tingkat desa, kecamatan hingga kabupaten.

“Ini diharapkan menjadi motivasi untuk seluruh jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) di Purbalingga. Terutama lebih meningkatkan efektifitas, profesionalisme, dalam hal kinerja tata keuangan. Ini prestasi luar biasa, kita wajib menysukuri,” katanya. (*)

Penulis: khoirul muzaki
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved