SUBHANALLOH! Karyawan Ini Ibadah Shalat Tarawih di Kedalaman 1.700 Meter

Karyawan juga punya kebutuhan spiritual. Maka PT Freeport Indonesia membangun tempat ibadah untuk ribuan karyawannya.

SUBHANALLOH!  Karyawan Ini Ibadah Shalat Tarawih di Kedalaman 1.700 Meter
Facebook/ Rovicky Dwi Putrohari
Suasana di Masjid Baabul Munawwar yang ada di kedalaman 1.760 meter dari permukaan tanah. 

TRIBUNJATENG.COM -- Karyawan juga punya kebutuhan spiritual. Maka PT Freeport Indonesia membangun tempat ibadah untuk ribuan karyawannya. Mereka pun salat berjamaah di masjid dalam perut bumi.

SALAT tarawih berjamaah biasanya dilaksanakan di musala atau masjid terdekat. Namun bagi karyawan muslim PT Freeport Indonesia, yang bekerja di dalam perut bumi, ibadah salat Tarawih dilaksanakan di Masjid Baabul Munawwar, yang terletak Tembagapura, Timika, Papua. Posisi masjid tersebut berada di kedalaman 1.700 meter dari permukaan bumi.

Masjid ini diresmikan tahun 2016, berdampingan dengan gereja yang bernama Oikumene Soteria. Kehidupan agama karyawan di sini rukun tak ada masalah. PT Freeport sengaja membangun tempat ibadah untuk memenuhi kebutuhan spiritual karyawannya yang kebanyakan muslim dan nasrani.

Yang unik, gereja Oikumene Soteria berdampingan dengan Masjid Baabul Munawwar. Di tahun 2017, keduanya pun mendapatkan piagam rekor Muri sebagai masjid dan gereja terdalam di Indonesia, bahkan di dunia. Berada di dalam perut bumi.

Baabul Munawwar berarti "pintu tempat cahaya" digunakan untuk berbuka puasa bersama, juga mendirikan salat Tarawih bagi karyawan muslim yang bekerja di salah satu lokasi tambang terbesar di Indonesia itu.

"Adapun untuk kegiatan selama bulan Ramadhan, kita usahakan setiap hari Jumat itu paling tidak seminggu sekali kami adakan buka bersama di Masjid Baabul Munawwar," ujar Budi Sutrisna, karyawan PT Freeport Indonesia yang juga merupakan pengurus Masjid Baabul Munawwar, dalam keterangannya, Selasa (28/5/2019).

Dalam kesehariannya, Budi bertugas sebagai general foreman di Deep Mill Level Zone (DMLZ) atau tambang bawah tanah PT Freeport Indonesia.

Karyawan yang aktif mengikuti kegiatan di Masjid Baabul Munawwar kebanyakan berasal dari bagian operasional tambang bawah tanah seperti bagian mekanik, konstruksi, operator, elektrik, instrumen, dan lainnya.

Saat berbuka puasa, biasanya mereka menghentikan pekerjaan mereka sejenak untuk membatalkan puasa sekaligus menunaikan ibadah salat Magrib.

Setelah itu, mereka akan kembali ke pos masing-masing untuk kemudian berkumpul kembali di masjid dan menunaikan salat Isya serta Tarawih setelahnya.

Halaman
12
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved