Tiga Bus Wilayah Operasional Kabupaten Batang Tidak Laik Jalan, Sementara Harus Dikandangkan

Dishub Kabupaten Batang menemukan tiga dari sembilan bus, dinyatakan tidak laik jalan saat melakukan ram check di Terminal Limpung.

Tiga Bus Wilayah Operasional Kabupaten Batang Tidak Laik Jalan, Sementara Harus Dikandangkan
TRIBUN JATENG/DINA INDRIANI
Tim Dishub Kabupaten Batang ramp check di Terminal Limpung dan Perusahan Bus di Batang. 

TRIBUNJATENG.COM, BATANG - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Batang menemukan tiga dari sembilan bus, dinyatakan tidak laik jalan saat melakukan ram check di Terminal Limpung beberapa waktu lalu.

Ketiga bus tersebut kemudian diperintahkan untuk tidak beroperasi sampai kendaraan tersebut diuji dan dinyatakan lolos uji kelaikan.

"Dari beberapa ramp check yang kami lakukan beberapa waktu lalu ada tiga bus yang tidak laik jalan. Yakni dua dari PT Putra Putri Ayah karena masa uji kelaikannya sudah habis dan satu bus PT Colombia karena ban depan telah mengalami vulkanisir," terang Kabid Keselamatan dan Teknik Sarana Dishub Kabupaten Batang, Lilik Setyawan, Rabu (29/5/2019).

Dikatakannya, selama Ramadan Dishub Batang telah melakukan ramp check dengan total 69 kendaraan yang telah diuji.

"Ramp Check dilakukan sebagai antisipasi kenyaman dan keamanan pengguna kendaraan khususnya dalam menyambut arus mudik Lebaran sehingga penumpang dapat lebih terjamin keselamatannya karena unit yang dinaiki termasuk unit yang sudah sesuai standar dan telah lolos uji kelaikan," ujarnya.

Sementara untuk pengujian di PO seperti pada PO Muda Perkasa dan PO Persada, Dishub menyatakan 60 bus yang dicek dinyatakan laik jalan.

Dijelaskannya, ramp check meliputi cek teknis dan administrasi seperti kelengkapan dokumen berkendara, STNK, surat kir kendaraan, serta pengecekan kelengkapan kendaraan.

Pihaknya juga bekerja sama dengan BNN melakukan tes urine kepada para sopir dengan hasil tes semuanya negatif dari narkoba.

"Dari ramp check yang kami gelar yang tidak laik adalah penemuan di Terminal Limpung dan sudah diperingatkan untuk tidak beroperasi. Dari pihak PT Putra Putri Ayah sudah merespon dan segera melakukan tes kelaikan uji untuk satu unit busnya," pungkasnya. (Dina Indriani)

Penulis: dina indriani
Editor: deni setiawan
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved