Bawaslu Kota Semarang Siapkan Data untuk Hadapi Gugatan Peserta Pemilu 2019 di MK

Bawaslu Kota Semarang menyiapkan data mengantisipasi adanya gugatan dari peserta Pemilu 2019 ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Bawaslu Kota Semarang Siapkan Data untuk Hadapi Gugatan Peserta Pemilu 2019 di MK
KOMPAS.com/FACHRI FACHRUDIN
Gedung Mahkamah Konstitusi (MK), Jakarta Pusat. Gambari diambil pada Selasa (10/10/2017). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Semarang menyiapkan data hasil Pengawasan, Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa mengantisipasi adanya gugatan dari peserta Pemilu 2019 ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Komisioner Bawaslu Kota Semarang, Nining Susanti mengatakan, pihaknya sudah mempersiapkan semua data yang berkaitan dengan hasil pengawasan penyusunan dan penetapan daftar pemilih, hasil pengawasan sosialisasi dan kampanye, pengawasan produksi dan distribusi logistik, pengawasan pemungutan di TPS dan pengawasan hasil perolehan perhitungan suara dari TPS hingga pada tingkat kota, serta pengawasan penetapan suara hasil pemilu.

"Kami sudah mempersiapakan sumua data tersebut untuk menghadapi apabila terdapat gugatan ke MK," tutur Nining, Kamis (30/5/2019).

Hasil dan Klasemen PMCO SEA League Hari Ke-17, Evos dan WAW Raih Winner Winner Chicken Dinner

Tol Semarang-Batang Mulai Dipadati Kendaraan Pemudik, Kapolres Kendal: Hingga Tiga Kali Lipat

Selain data hasil pengawasan, lanjut Nining, Bawaslu juga sudah mempersiapkan semua hasil tindak lanjut temuan dan laporan dari masyarakat.

Adapun hasil tindak lanjut tersebut ada 52 kasus yang berasal dari pelanggaran administratif, pelanggaran pidana, dan pelanggaran UU lainnya yang telah terjadi selama Pemilu 2019 di wilayah Kota Semarang.

Senada dengan Ketua Bawaslu Kota Semarang, Muhammad Amin. Dia menjelaskan, pihaknya dan jajaran sudah siap dengan data-data berkaitan dengan pokok gugatan.

"Kami siapkan data- data hasil pengawasan, penanganan pelanggaran dan penyelesaian sengketa dalam Pemilu 2019," tegaanya.

Menurut Amin, data yang telah disajikan merupakan data yang valid berdasarkan hasil kinerja yang sudah dilakukan secara transparan, akuntabel, serta kredibel terhadap masyarakat untuk tetap menjalin hubungan baik dan strategis sebagi wujud kerjasama membangun demokrasi yang adil dan bermatabat.

Sementara itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Semarang, Henry Cassandra Gultom menuturkan, saat ini KPU masih menunggu kabar dari MK terkait ada tidaknya gugatan hasil pemilu 2019 untuk Kota Semarang.

"Sepemantauan kami sejauh ini tidak ada yang masuk," ucap Nanda, sapaan akrabnya.

Dikatakan Nanda, MK akan mengungumkan gugatan pada 11 Juni 2019 untuk Pilpres dan 1 Juli 2019 untuk Pileg. (eyf)

Penulis: Eka Yulianti Fajlin
Editor: suharno
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved