Menteri BUMN: Alhamdulillah, 10 SPBU Tol Trans Jawa Sudah Full Operasional

SPBU Trans Jawa berjumlah 17 yang akan diselesaikan, lanjutnya, dan yang ada di Tol Trans Sumatera ada 11 sehingga totalnya semuanya 28.

Menteri BUMN: Alhamdulillah, 10 SPBU Tol Trans Jawa Sudah Full Operasional
Kompas.com/Ari Himawan
Menteri BUMN Rini Soemarno berbincang dengan salah seorang petugas SPBU di KM 379 Tol Trans Jawa. 

TRIBUNJATENG.COM, BATANG - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) RI Rini Soemarno meresmikan 10 Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) PT Pertamina di Rest Area Km 379 Gringsing, Kabupaten Batang, Kamis (30/5/2019).

Rini Soemarno mengatakan, PT Pertamina dalam pembangunan SPBU di rest area memang dipercepat dan dikebut agar pemudik bisa terlayani secara baik.

"Alhamdulilah 10 SPBU di Tol Trans Jawa sudah full operasional yang dilengkapi dengan tambahan-tambahan tangki BBM agar masyarakat tidak kesulitan dalam perjalanan mereka untuk mudik," katanya.

SPBU Trans Jawa berjumlah 17 yang akan diselesaikan, lanjutnya, dan yang ada di Tol Trans Sumatera ada 11 sehingga totalnya semuanya 28.

Direktur Pemasaran dan Retail PT Pertamina Masud Hamid mengatakan, berbeda dengan fasilitas kios pada mudik Lebaran tahun sebelumnya, pada tahun ini Pertamina MOR IV berinovasi pada fasilitas pengisian BBM di kios.

Bila pada tahun sebelumnya kios Pertamina di dominasi dengan penjualan BBM manual dan kemasan, kali ini Pertamina telah menggunakan SPBU non permanen yaitu modular dan modular kompak yang dilengkapi dengan tangki dan dispenser sehingga mempersingkat waktu pengisian BBM di rest area.

15 kios Pertamina siaga pada tahun ini terdiri dari 7 titik kios modular kompak, 2 titik kios modular, 5 titik kios mobile dispencer, dan 2 titik kios kemasan.

“Strategi pembentukan Satgas (satuan tugas) tahun ini diperkuat dengan 45 SPBU kantong dan 22 SPBE kantong yang tersebar di berbagai lokasi guna memperpendek jarak dan waktu tempuh mobil tangki ke lokasi-lokasi yang berpotensi mengalami kemacetan dan kepadatan,” jelasnya.

Ia menjelaskan, Pertamina telah membentuk satgas yang mulai aktif bekerja pada H-15 hingga H+15 Idul Fitri.

Bahkan, pada H-7 sampai H+7 Idul Fitri, supply point atau TBBM di wilayah Jateng dan DIY akan beroperasi selama 24 Jam sebagai antisipasi padatnya arus mudik Lebaran yang menyebabkan kemacetan.

Beberapa SPBU yang berada di beberapa lokasi strategis pun akan beroperasi selama 24 jam.

“Kami menghimbau bagi masyarakat yang hendak mudik dan berwisata agar mengisi tangki full di SPBU sebelum berangkat dan untuk mempermudah menemukan SPBU terdekat saat perjalanan, masyarakat dapat menggunakan aplikasi Waze atau menghubungi layanan kontak Pertamina di 135.” katanya. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Menteri BUMN Resmikan 10 SPBU di Tol Trans Jawa"

Editor: deni setiawan
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved