Pantauan Lalu Lintas di Tol Brebes Barat : One Way Mulai Diterapkan

Penerapan one way tersebut dimulai pukul 08.00 WIB sampai 21.00 WIB setiap harinya

Pantauan Lalu Lintas di Tol Brebes Barat : One Way Mulai Diterapkan
Tribunjateng.com/M Zaenal Arifin
Petugas Polres Brebes mengatur perputaran kendaraan dari arah Jakarta menuju Semarang yang berada di jalur B jalan tol Pejagan-Pemalang di simpang susun Brebes Barat KM 263, Kamis (30/5/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, BREBES - Penerapan sistem satu arah (one way) ruas jalan tol mulai dari Cikampek KM 70 sampai Brebes Barat KM 263, Kamis (30/5/2019). Penerapan one way tersebut dimulai pukul 08.00 WIB sampai 21.00 WIB setiap harinya.

Pantauan Tribun Jateng di KM 263 tol Brebes Barat pukul 10.00 WIB, ada kenaikan jumlah kendaraan pemudik yang masuk ke jalan tol Trans Jawa Pejagan-Pemalang.

Untuk lalu lintas, kendaraan pemudik di ruas A dari Jakarta ke Semarang terlihat ramai lancar. Pun di ruas B dari arah yang sama (sebelumnya untuk kendaraan dari Semarang ke Jakarta), lalu lintas juga ramai lancar.

Antrean kendaraan hanya terlihat di simpang susun tol Brebes Barat. Antrean tersebut terjadi karena kendaraan dari arah Jakarta (ruas B) yang dinormalisasi masuk ruas A.

"Simpang susun Brebes Barat ini digunakan untuk normalisasi kendaraan dari jalur B yang digunakan untuk one way. Sebelumnya jalur B itu untuk kendaraan dari Semarang menuju Jakarta," kata Wakapolres Brebes, Kompol M Faisal Perdana, di lokasi.

Ia menjelaskan, kendaraan dari arah Jakarta yang melewati jalur B kemudian diputar arah di simpang susun tersebut yang kemudian dinormalisasi ke jalur A.

Ia mengakui, dengan adanya pengaturan tersebut menimbulkan ketersendatan karena kendaraan pemudik melambat untuk memutar. Hanya saja, antrean yang terjadi tidak akan panjang.

"Sampai sekarang belum ada kendala, paling hanya ada perlambatan. Kalau sampai terjadi penumpukan kendaraan, nanti kita akan lakukan rekayasa baik di Pejagan maupun di Brexit (Brebes Timur--red)," jelasnya.

Dari perhitungannya, sejak diberlakukannya sistem one way dari Cikarang/ Cikampek, telah ada peningkatan jumlah kendaraan di Brebes Barat sekitar 10-20 persen. Ia memprediksi puncak arus mudik akan terjadi pada Sabtu-Minggu (1-2/5/2019) besok. (Nal)

Penulis: m zaenal arifin
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved