19 PKM Mahasiswa Universitas Muria Kudus Lolos, 13 di Antaranya PKM Kewirausahaan

19 kelompok mahasiswa Universitas Muria Kudus (UMK) yang berhasil lolos dalam program kreatifitas mahasiswa (PKM) yang diselenggarakan Direktorat

19 PKM Mahasiswa Universitas Muria Kudus Lolos, 13 di Antaranya PKM Kewirausahaan
IST
19 kelompok mahasiswa Universitas Muria Kudus (UMK) yang berhasil lolos dalam program kreatifitas mahasiswa (PKM) yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi Republik Indonesia. 

TRIBUNJATENG.COM, KUDUS – 19 kelompok mahasiswa Universitas Muria Kudus (UMK) yang berhasil lolos dalam program kreatifitas mahasiswa (PKM) yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi Republik Indonesia.

Penilaian internal sudah dilakukan agar pelaksanaan PKM bisa maksimal.

Wakil Rektor III UMK, Rochmad Winarso mengatakan, PKM yang didapatkan oleh UMK bisa dikatakan cukup banyak, karena ada universitas yang lebih besar justru PKM yang diterima di bawah UMK.

“Kami selama ini memang terus mendorong mahasiswa untuk mengikuti PKM,” katanya, Jumat (31/5/2019).

Menurutnya, PKM bisa merangsang agar mahasiswa mengeluarkan ide-ide kreatifnya yang bisa diaplikasikan di masyarakat. Sehingga bisa memberikan manfaat positif kepada mahasiswa dan tentunya masyarakat.

Ada tujuh jenis PKM yang bisa diikuti mahasiswa, PKM Penelitian, terdiri dari Eksakta (PKM-PE) dan Sosial Humaniora (PKM-PSH) PKM-Kewirausahaan (PKM-K), PKM-Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-M), PKM-Penerapan Teknologi (PKM-T), PKM-Karsa Cipta (PKM-KC), PKM-Gagasan Tertulis (PKM-GT), dan PKM-Artikel Ilmiah (PKM-AI).

Monitoring dan evaluasi internal juga dilakukan dengan mengunjungi lokasi kegiatan atau produksi, sehingga bisa memastikan PKM dijalankan dengan baik. Karena nantinya ketika dinilai baik oleh pihak penyelenggara, maka lolos tingkat nasional.

“Kami tidak ingin sudah lolos PKM, namun tidak dijalankan, jadi kami lakukan monev internal langsung,” terangnya.

Selain itu, pihaknya juga ingin memastikan keberlangsungan PKM, terutama PKM Kewirausahaan. Mulai dari bahan baku, pemasaran dan lainnya, karena PKM Kewirausahaan bisa menjadi rintisan usaha, sehingga bisa terus berkembang.

Dari 19 PKM yang diterima, paling banyak adalah PKM Kewirausahaan yang mencapai 13 PKM dengan berbagai judul.

Halaman
123
Penulis: Rifqi Gozali
Editor: muh radlis
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved