Bawaslu Kabupaten Kudus Tunggu Arahan Pusat, Tanggapi Pengajuan PHPU Tiga Caleg ke MK

Anggota Bawaslu Kabupaten Kudus, Kasmian mengatakan, tugas Bawaslu dalam PHPU di MK bertindak sebagai pemberi keterangan tertulis.

Bawaslu Kabupaten Kudus Tunggu Arahan Pusat, Tanggapi Pengajuan PHPU Tiga Caleg ke MK
TRIBUN JATENG/RIFQI GOZALI
Anggota Bawaslu Kabupaten Kudus, Kasmian. 

TRIBUNJATENG.COM, KUDUS - Bawaslu Kabupaten Kudus menunggu arahan dari Bawaslu RI terkait pengajuan penyelesaian Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) oleh tiga caleg DPRD Kabupaten Kudus ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Anggota Bawaslu Kabupaten Kudus, Kasmian mengatakan, tugas Bawaslu dalam PHPU di MK bertindak sebagai pemberi keterangan tertulis.

Keterangan itu akan disampaikan ke Bawaslu Jawa Tengah sampai akhirnya ke Bawaslu RI.

Sementara yang berhak memberikan keterangan lisan, katanya, selama mendapat mandat dari Bawaslu RI, pihaknya akan memberikan keterangan lisan di muka sidang.

“Intinya kami menunggu kalau ada arahan dari Bawaslu RI, kami siap. Kami akan plenokan,” kata Kasmian, Jumat (31/5/2019).

Dalam memberikan keterangan PHPU, lanjutnya, di antara cakupan yang harus dipenuhi yaitu terkait keterangan pokok permohonan yang diajukan.

Kemudian, data hasil pengawasan serta keputusan hasil rapat pleno.

Dalam pengajuan gugatan PHPU Pileg ke MK, lanjutnya, saat ini masih dalam tahapan perbaikan kelengkapan berkas permohonan.

Pada 1-2 Juni 2019 MK baru akan menyampaikan salinan permohonan dan pemberitahuan sidang pertama kepada pemohon, termohon, Bawaslu, dan pihak terkait.

Diketahui, dari hasil Pemilu 2019 terdapat tiga caleg yang mengajukan gugatan PHPU ke MK.

Halaman
12
Penulis: Rifqi Gozali
Editor: deni setiawan
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved