Tips Mudik Aman Menggunakan Sepeda Motor agar Selamat Sampai Tujuan

Pria yang akrab disapa Oke ini pun membagikan sejumlah tips mudik aman menggunakan sepeda motor

Tips Mudik Aman Menggunakan Sepeda Motor agar Selamat Sampai Tujuan
Tribunjateng.com/Like Adelia
Oke Desiyanto, Safety Riding Supervisor Astra Motor Jateng saat ditemui Tribunjateng.com, di Main Dealer Astra Motor Jateng, Jalan Gajah Mada Semarang 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Mudik menjadi hal yang paling ditunggu oleh perantau saat lebaran.

Di moment ini para perantau yang jauh dengan keluarga akan pulang untuk merayakan lebaran bersama kelurga.

Banyak cara yang bisa dipilih untuk mudik, mulai dari naik bus, kereta api, pesawat bahkan menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau sepeda motor

Dari tahun ke tahun pemudik yang menggunakan sepeda motor sendiri mengalami kenaikan. 

Meskipun sebenarnya mudik menggunakan sepeda motor tidak dianjurkan karena bisa membahayakan diri sendiri dan orang lain jika tidak mampu menguasai laju kendaraan. 

"Mudik menggunakan sepeda motor bisa menyenangkan asal mengerti dan betul-betul mempersiapkan diri," ucap Safety Riding Supervisor Astra Motor Jateng, Oke Desiyanto, Kamis (30/5/2019).

Pria yang akrab disapa Oke ini pun membagikan sejumlah tips mudik aman menggunakan sepeda motor.

Berikut tipsnya : 

  1. Perencanaan perjalanan yaitu merencanakan rute dan waktu yang tepat untuk berangkat. Tentukan lokasi dimana nanti akan istirahat, kenali medan perjalanan dan update informasi kondisi jalan yang akan dilalui.
  2. Persiapkan fisik sebelum melaksanakan perjalanan. Hindari konsumai kafein berlebihan yang terkandung dalam kopi atau minuman kuat. Tidur yang cukup, konsumsi air putih yang banyak dan jika perlu minum vitamin.
  3. Prioritaskan barang bawaan yang perlu dibawa saat perjalanan. Barang yang tidak perlu di perjalanan seperti baju lebih baik dipaketkan saja agar tidak mengganggu. 
  4. Gunakan perlengkapan berkendara, mulai dari helm standar, jaket, sarung tangan, masker, celana panjang dan sepatu. Agar lebih aman gunakan decker pelindung dada, siku dan lutut. 
  5. Pastikan motor dalam kondisi yang baik dan siap untuk mudik. Terutama di bagian vital yaitu mesin, rem, roda dan lampu. Jangan lupa untuk di servis lebih dahulu serta cek tekanan udara ban.
  6. Istirahat dua jam sekali. Berhentilah setiap dua jam sekali. Luruskan kaki dan lemaskan badan agar tenaga bisa kembali lagi sehingga fokus berkendara.
  7. Bawa Tools atau peralatan darurat untuk jaga-jaga jika diperlukan di jalan. Bawa pelindung STNK san SIM agar tidak bercecer. Catat nomor penting atau darurat seperti polisi, pemadam kebakaran, bengkel dan Rumah Sakit. 
  8. Tinggalkan emosi, harus santun dan sabar saat perjalanan. Agar tenang saat berkendara sehingga selamat sampai tujuan.
  9. Dan yang terakhir jangan lupa berdoa serta kabari keluarga jika akan berangkat. 

Nah demikian tips mudik menggunakan sepeda motor. Tetap hati-hati di jalan agar selamat sampai tujuan. Karena ada keluarga yang menanti anda di rumah. (lex) 

Penulis: Like Adelia
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved