Forum Keberagaman Umat Beragama Kota Semarang Gelar 'Ruwatan Negeri Pancasila'

Forum Keberagaman Umat Beragama (FKUB) Kota Semarang menggelar gerakan kultural bertema "Ruwatan Negeri Pancasila", Sabtu (1/5/2019).

Forum Keberagaman Umat Beragama Kota Semarang Gelar 'Ruwatan Negeri Pancasila'
TRIBUN JATENG/MOCH SAIFUDIN
Acara Ruwatan Negeri Pancasila yang dipimpin oleh setiap tokoh umat bergama di Pastoran Johannes Maria Unika Soegijapranata, Gang Kampung Asri, Tindjomoyo Duwur, Semarang, Sabtu (1/6/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Forum Keberagaman Umat Beragama (FKUB) Kota Semarang menggelar gerakan kultural bertema "Ruwatan Negeri Pancasila", Sabtu (1/5/2019).

Kegiatan yang dihadiri sejumlah tokoh lintas agama serta Wali Kota Semarang Hendra Prihadi ini digelar di Pastoran Johannes Maria Unika Soegijapranata, Gang Kampung Asri, Tindjomoyo Duwur, Kota Semarang.

Kepala Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Taslim Sahal mengatakan, kegiatan Ruwatan Negeri Pancasila merupakan gerakan kultural yang harus selalu ada untuk memperkukuh keberagaman umat bergama.

Taslim juga menjelaskan momen Ramadan ini juga tidak hanya disambut oleh warga muslim, melainkan juga disambut oleh saudara kita yang bergama lain.

Ini Alasan SBY dan Keluarga Memilih Bawa Jenazah Ani Yudhoyono Menggunakan Hercules

Dalam acara, Taslim menyiratkan kerukunan umat bergama di Semarang yang sudah terbangun kukuh.

Hal tersebut, lanjut Taslim, disangga atas empat pilar, yaitu, ekspresi keberagaman, menjaga solidaritas, sinergi, dan peran tokoh agama.

"Ekspresi keberagaman misalnya saya sebagai warga muslim makan di tempat kawan saya yang katolik itu sudah biasa. Atau saya beribadah di tempat ibadah di tempat teman saya yang bergama katolik. Bukan berarti saya mengambil alih, akan tetapi itu bentuk ekspresi keberagaman yang sudah difasilitasi oleh teman-teman katolik," terangnya. (Tribunjateng/Moch Saifudin)

Penulis: Moch Saifudin
Editor: suharno
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved