Info Mudik 2019 : Pantau lalu Lintas Arus Mudik Kapolri Imbau Pantau HP

Tito Karnavian mengimbau kepada para pemudik untuk menggunakan aplikasi peta lalu lintas pada smartphone atau gadget guna memantau kondisi lalu lintas

Info Mudik 2019 : Pantau lalu Lintas Arus Mudik Kapolri Imbau Pantau HP
KOMPAS.com/Devina Halim
Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian saat upacara peringatan HUT ke-68 Korpolairud, di Markas Korpolairud, Jakarta Utara, Senin (3/11/2018). 

TRIBUNJATENG.COM -- Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian mengimbau kepada para pemudik untuk menggunakan aplikasi peta lalu lintas pada smartphone atau gadget guna memantau kondisi lalu lintas di jalan raya selama mudik Lebaran.

Hal itu untuk mengetahui apakah jalan yang akan dilalui dalam kondisi lancar atau justru terjadi kemacetan. Sehingga, pemudik bisa mengantisipasinya lebih awal dan memilih jalur lain seperti jalur alternatif untuk menghindari kemacetan.

Hal itu disampaikan Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian saat melakukan tinjauan langsung arus mudik dan sistem one way di jalan tol Brebes Barat, Jumat (31/5).

"Kami imbau kepada masyarakat untuk menggunakan gadget aplikasi peta lalu lintas seperti google map dan waze untuk memantau arus mudik.

Kalau mau pulang kampung pas dicek ternyata lagi padat, kita bisa cari jalur alternatif lain, atau menunda perjalanan nunggu warna di peta jadi biru pasti agak kosong. Jangan pas warna merah kehitaman dipaksakan juga ikut ramai-ramai kecuali yang hobinya macet-macetan," katanya.

Dalam tinjauannya yang dilakukan bersama Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Tito didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Kesehatan Nila F Moeloek, Kepala Basarnas Marsdya Bagus Puruhito, dan sejumlah pejabat lainnya.

Tinjauan dilakukan mulai dari ruas tol Cikampek, dimulainya sistem one way arus mudik. Tinjauan dilanjutkan ke Brebes Barat menggunakan 4 helikopter dan mendarat di lapangan Nasmoco Klampok, Wanasari, Brebes. Dari lapangan Nasmoco, rombongan langsung menuju Posko Terpadu di pintul tol Brebes Barat.

Rombongan disambut Kapolda Jateng Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel, dan jajarannya, beserta Kapolres Brebes AKBP Aris Supriyono beserta jajaran, termasuk, pengelola tol PT Pejagan Pemalang Tol Road (PPTR).

Tito menuturkan, penerapan sistem one way dari Cikarang sampai Brebes Barat dimaksudkan agar tidak terjadi kemacetan selama arus mudik. Sistem one way rencananya juga akan diberlakukan di jalan tol Trans Jawa dari Cikarang-Ngawi jika diperlukan.

"One way saat ini diberlakukan dari Cikarang sampai ke Simpang Susun Tol Brebes Barat kilometer 263. Jika diperlukan, one way juga kami berlakukan Cikarang-Ngawi, jika terjadi kemacetan," ucapnya.

Halaman
12
Penulis: m zaenal arifin
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved