Mudik ke Pati? Tiga Kuliner Legendaris Ini Wajib Kamu Nikmati

Berikut Tribunjateng.com rekomendasikan tiga kuliner lezat khas Bumi Mina Tani yang dapat menerbitkan nostalgia manis.

Mudik ke Pati? Tiga Kuliner Legendaris Ini Wajib Kamu Nikmati
Tribun Jateng/Mazka Hauzan Naufal
Seporsi petis runting kikil. Petis runting berasal Dukuh Runting, Desa Tambaharjo, Kecamatan Pati yang resepnya diberikan secara turun temurun 

TRIBUNJATENG.COM, PATI - Bagi Anda, perantau asal Pati yang berkesempatan mudik ke kampung halaman pada lebaran tahun ini, berikut Tribunjateng.com rekomendasikan tiga kuliner lezat khas Bumi Mina Tani yang dapat menerbitkan nostalgia manis.

1. Petis Runting

Petis runting merupakan rebusan tulang kambing yang dihidangkan dalam kuah kental berwarna kecokelatan.

Makanan yang berasal dari Dukuh Runting, Desa Tambaharjo, Kecamatan Pati ini sekilas mirip tengkleng atau gulai. Namun, kuahnya berwarna lebih gelap. Selain itu juga lebih kental karena mengandung tepung beras yang masih bertekstur kasar.

"Kuahnya itu yang menjadi ciri khas. Tepungnya berasal dari beras yang ditumbuk, kemudian disangrai. Jadi tekstur kuahnya terasa," jelas Aryawan (30), yang akrab disapa Wawan, Senin (18/2/2019).

Wawan bersama istrinya, Nosifa Nelia (30), merupakan pemilik warung Petis Runting Mas Wawan yang beralamat di Dukuh Runting RT 8 RW 1, Desa Tambaharjo, Kecamatan Pati, Kabupaten Pati.

Nosifa menambahkan, tepung beras dalam petis runting menjadikan kuah hidangan tersebut terasa mengandung butiran-butiran lunak yang gurih.

"Bahan untuk membuat petis runting adalah balungan dan hampir semua bumbu dapur kecuali kunci. Selain tepung beras, bumbu yang digunakan antara lain kecap, laos, kunyit, jahe, kencur, ketumbar, merica, bawang merah, dan bawang putih," jelas Nosifa.

Nosifa mengatakan, petis runting biasa hanya berisi balungan kambing.

Namun, umumnya petis runting juga dihidangkan dengan kikil, sate kambing, atau kepala kambing.

Di warung Wawan dan Nosifa, petis biasa yang hanya berisi balungan dibanderol Rp 5 ribu.

Halaman
1234
Penulis: Mazka Hauzan Naufal
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved