Upacara Hari Lahir Pancasila, Bupati Karanganyar Beri Hadiah pada Peserta yang Khatam Alquran

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar menggelar upacara Hari Lahir Pancasila di Alun-Alun Karanganyar, Sabtu (1/6/2019)

Upacara Hari Lahir Pancasila, Bupati Karanganyar Beri Hadiah pada Peserta yang Khatam Alquran
Tribunjateng.com/Agus Iswadi
Bupati Karanganyar, Juliyatmono saat memberikan hadiah kepada peserta upacara yang khatam Al-Quran. 

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar menggelar upacara Hari Lahir Pancasila di Alun-Alun Karanganyar, Sabtu (1/6/2019).

Dari pantauan Tribunjateng.com, upacara tersebut dimulai sekira pukul 08.00. Bupati Karanganyar, Juliyatmono memimpin langsung upacara.

Tampak beberapa peserta upacara mengenakan busana adat, mereka berbaris melengkung menghadap pimpinan upacara. Ada sekitar 34 orang yang mengenakan pakaian adat.

Selaku pemimpin upacara, Juliyatmono membacakan teks Pancasila dan sambutan BPIP dihadapan peserta upacara.

Sedangkan pembukaan UUD 1945 dibacakan oleh Ketua DPRD Karanganyar, Sumanto.

Ada yang menarik seusai jalannya upacara pagi itu. Bupati Karanganyar, Juliyatmono membagikan uang kepada para peserta upacara yang khatam Al-Quran pada bulan ramadhan tahun ini.

Ada yang berasal dari kalangan pelajar, ASN, Satpol PP dan Anggota Polres Karanganyar. Masing-masing dari mereka mendapatkan uang sebesar Rp 100 ribu.

"Cukup banyak (yang khatam) dari peserta upacara. Artinya ada spirit di bulan ramadhan sebagai gerakan bertaqwa tiap pagi membaca kitab suci Al-Quran bagi umat Islam. Dan yang lainnya menyesuaikan kitab suci masing-masing sesuai agamanya," kata Juliyatmono kepada para wartawan seusai upacara.

Di sisi lain, ia juga mengapresiasi aspek kejujuran dari peserta upacara yang khatam Al-Quran.

"Tidak mungkin yang belum khatam maju (masuk barisan) dan berani mengaku sudah khatam. Ini sesuatu yang bagus karena jujur itu penting. Ternyata tidak hanya sekali khatam. Dari ASN cukup bagus, saya apresiasi," terangnya.

Halaman
12
Penulis: Agus Iswadi
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved